alexametrics
27 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

DPT Pilwali Pasuruan Menyusut Segini

GADINGREJO, Radar Bromo – KPU Kota Pasuruan akhirnya menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilwali Pasuruan 2020. Penetapan DPT dilakukan setelah melalui proses panjang pemutakhiran data sekitar empat bulan. Hasilnya, DPT mencapai 146.618 pemilih.

Jumlah itu menyusut atau berkurang dibandingkan daftar pemilih sementara (DPS). Penyusutan mencapai 482 pemilih. Sebab, berdasarkan hasil pemutakhiran, tak sedikit data yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Jumlah DPT itu disampaikan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan DPT, Rabu (14/10). Jumlah DPT yang ditetapkan 146.618 pemilih. Rinciannya, di Kecamatan Gadingrejo ada 33.261 pemilih, di Kecamatan Purworejo 42.632 pemilih, di Kecamatan Bugul Kidul ada 22.492 pemilih dan di Kecamatan Panggungrejo ada 48.233 pemilih.

“Jumlah pemilih perempuan sebanyak 74.620. Sedangkan pemilih laki-laki jumlahnya 71.998,” tutur Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari.

4 KECAMATAN: Angka DPR Pilwali Pasuruan di 4 Kecamatan Kota Pasuruan. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Dia mengakui, jumlah DPT yang ditetapkan sedikit berkurang dibandingkan DPS. Sebelumnya, KPU menetapkan DPS sebanyak 147.100 pemilih.

Dari empat kecamatan yang ada, pemilih di Kecamatan Bugul Kidul terbilang paling sedikit. Yakni berjumlah 22.553 pemilih. Sedangkan di Kecamatan Gadingrejo ada 33.390 pemilih; di Kecamatan Purworejo 42.633 pemilih; dan di Kecamatan Panggungrejo 48.524 pemilih.

“Jumlahnya memang turun dibandingkan DPS, itu karena ada yang tidak memenuhi syarat. Seperti meninggal dunia, pindah domisili, serta data ganda yang memang harus dibersihkan,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Perencanaan dan Data, Mukhamad Zahid menjelaskan, pihaknya sudah mencermati DPS yang ditetapkan. Selain itu, juga mengakomodir tanggapan dari masyarakat, maupun temuan Bawaslu. Karena itu, ada beberapa perubahan data di seluruh kecamatan.

“Perubahan data terjadi pada empat kecamatan. Perubahan itu meliputi pemilih baru yang ditambahkan pada daftar pemilih, maupun data pemilih yang dinyatakan TMS,” jelas Zahid. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sopirnya Diduga Ngantuk, Mobil Xenia Tabrak Pohon–Pagar Sekolah

Mobil tiba-tiba mengarah ke kiri, hingga kemudian menabrak dua pohon palm dan mangga. Selanjutnya menabrak pagar sekolah, hingga laju kendaraan seketika itu langsung berhenti.

Debat Publik Perdana Pilwali Pasuruan Usung Tema Kesejahteraan

Dua pasangan calon yang berebut dukungan rakyat Kota Pasuruan berdebat dalam 6 segmen. Total durasi seluruh acara selama 120 menit.

Dua Pohon Tumbang Timpa Motor-Macetkan Jalan di Pasuruan

Pohon tumbang usai diterjang angin kencang.

Salip Kiri, Warga Rembang Tewas Terlindas Truk Gandeng di Rejoso

Korban meregang nyawa saat hendak berangkat kerja.

Dana Kebencanaan Kota Pasuruan Sudah Terserap 70 Persen

Dana kebencanaan yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan tahun ini diyakini mencukupi.