KPU: Tahap Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Pasuruan Dimulai September

PURWOREJO, Radar Bromo – Pendaftaran pasangan bakal calon wali kota (bacawali) dan wakil wali kota (bacawawali) Pasuruan bakal segera dibuka. Pembukaan dilakukan awal September 2020.

Jadwal pendaftaran pasangan bacawali-bacawawali Pasuruan itu berubah dari jadwal awal. Sebelumnya, pendaftaran bakal dibuka pertengahan Juni 2020.

Perubahan jadwal itu merupakan dampak pergeseran tahapan Pilkada 2020 akibat pandemi Covid-19. Kemudian, juga diperkuat dengan terbitnya Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5/ 2020 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 15/2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada 2020.

Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari mengungkapkan, masa pendaftaran pasangan bakal calon masih sama seperti sebelumnya. Yakni, berlangsung selama 3 hari pada 4 – 6 September 2020.

“Sebelum itu, KPU akan mengumumkan masa pendaftaran dalam kurun waktu 28 Agustus sampai 3 September 2020,” bebernya.

Pasangan bakal calon yang mendaftar, boleh diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik. Boleh juga pasangan bakal calon perseorangan yang memenuhi syarat jumlah dukungan dan sebaran berdasarkan hasil verifikasi faktual.

Tetapi, lanjut Royce, di Kota Pasuruan tak ada satu pun pasangan bakal calon dari jalur perseorangan yang menyerahkan dukungannya di KPU setempat. Bahkan, sampai batas akhir penyerahan syarat dukungan dan sebaran pada 23 Februari 2020.

Oleh karenanya, masa pendaftaran nanti hanya diperuntukkan bagi pasangan bakal calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik. Setelah ada pasangan bakal calon yang mendaftar, maka akan dilanjutkan dengan tahapan verifikasi dokumen syarat pencalonan dan syarat bakal calon selama 19 hari.

“Penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 23 September. Dan sehari kemudian dilanjutkan dengan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon,” kata Royce. (tom/hn/fun)