Kehabisan Duit, Turis Rusia Kemah di Makam Sepuh Gembol

WONOMERTO-Warga Dusun Bringin, Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, Selasa malam (13/11) heboh. Itu setelah warga menemukan ada wisatawan asing yang camping di area makam Dusun Bringin.

Warga yang khawatir wisatawan asing itu mempunyai tujuan jelek, lantas melaporkan hal itu ke Polsek Wonomerto. Sempat dimintai keterangan di Mapolsek Wonomerto, wisatawan asing asal Rusia itu pun akhirnya diperbolehkan meninggalkan mapolsek.

DIBAWA KE POLSEK: Wisatawan asal Rusia yang kemah di makam Dusun Bringin akhirnya dibawa ke Mapolsek Wonomerto. (Istimewa)

Kapolsek Wonomerto, AKP Sugianto menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, turis itu diturunkan oleh travel karena tidak memiliki uang. “Uangnya tinggal Rp 9 ribu. Saat ditanya, ia hanya mengaku ingin cari pantai,” jelasnya.

Sebelum ke Bromo, turis itu sempat ke Kuala Lumpur. Nah, saat di tengah jalan, uang sakunya pun habis. Lantaran itu, ia diturunkan dari travel yang mengangkutnya, karena tak mampu membayar.

“Semula turis itu masuk ke perkampungan warga mulai sore hari. Lalu, bergeser ke area makam. Lantaran khawatir, warga mencari keberadaan turis itu,” jelas Sugianto.

Sekitar pukul 21.00, turis itu ditemukan tengah camping dengan menggunakan tenda kecil di makam setempat. warga pun lantas melaporkan ke Polsek Wonomerto.

“Ia juga cari obat. Berhubung tak tau apotek dan lokasi pantai dimana, ia kesasar ke perkampungan warga,” beber Sugiyanto.

Sang wisatawan asing itu pun sempat ditawari pihak kepolisian untuk diantar ke pelabuhan Probolinggo. Namun, sang turis menolak.

Sang turis pun akhirnya, memutuskan menginap di Mapolsek Wonomerto. Rabu pagi (14/11), sang turis lantas diantar ke Apotek Gatot Subroto. Sang turis pun akhirnya diturunkan di situ. (sid/mie)