alexametrics
24.3 C
Probolinggo
Sunday, 6 December 2020

Toko Barat Pasar Baru Probolinggo Digarong, Kerugian Rp 60 Juta

MAYANGAN – Toko Aneka Rasa di Jl. Panglima Sudirman, barat Pasar Baru Kota Probolinggo, disatroni maling. Pelaku yang diduga berjumlah lima orang itu, beraksi Rabu dini hari (13/2) sekitar pukul 04.00. Dalam aksinya tersebut, pelaku berhasil menggasak rokok berbagai merek dengan total kerugian sekitar Rp 60 juta.

Then Wibowo, 56, pemilik toko mengungkapkan, saat kejadian ia beserta suami dan dua anaknya sedang tertidur pulas di lantai dua ruko tersebut. Pelaku masuk ke dalam toko sekitar pukul 04.00 dengan cara merusak pintu toko menggunakan gunting baja.

“Padahal, suami saya memasang banyak gembok di dalam pintu itu. Hal itu dilakukan untuk menghindari aksi pencurian. Ternyata pelaku merusak gemboknya. Pelaku masuk melalui samping pintu yang dirusak paksa dengan menggunakan gunting baja,” terangnya.

Dari rekaman yang terlihat di CCTV toko. Ada tiga orang yang masuk. Sayangnya, karena kondisi gelap, CCTV tidak bisa melihat dengan jelas pelaku. “Yang terlihat hanya senter pelaku. Soalnya, kondisi dalam toko gelap akibat lampunya dimatikan,” terangnya.

Kemudian, ketiga pelaku itu sempat membuka kotak uang toko. Di dalam kotak isinya hanya uang pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, dan Rp 20 ribu dengan total Rp 2 juta. Duit itu biasanya digunakan untuk kembalian. Tak puas, mereka mencuri rokok berbagai merek.

“Kalau rokoknya untuk Surya 12, Dunhill, Marlboro, dan Dji Sam Soe saja masing masing satu karton. Selain itu, juga untuk rokok lainnya yang sudah dibuka banyak. Kalau untuk kerugian ditaksir Rp 60 juta,” terangnya.

Selanjutnya, rokok yang digondol oleh pelaku dikeluarkan melewati pintu yang dirusak. Di depan toko, terlihat bekas mobil yang terparkir. “Diperkirakan pelaku berjumlah lima orang. Tiga yang masuk, dua di luar. Untuk dua yang di luar ini, kemungkinan satu siap-siap mengemudi dan satu lagi terlihat memasukan ribuan rokok itu ke dalam mobil,” terangnya.

Dalam rekaman CCTV yang ada di dalam toko, aksi itu berlangsung sekitar satu jam. Mulai pukul 04.00 hingga pukul 05.00. Namun, baru diketahui pemiliknya sekitar pukul 06.00 pada saat hendak membuka toko. Seperti biasanya pada pukul 06.00, Sinto Wijaya, 58, (suaminya) turun membuka toko.

Namun, ia kaget melihat kondisi yang acak-acakan. Selain itu, pintu depan dirusak. Selanjutnya, suami langsung panggil saya. Pagi itu juga pemilik toko menghubungi camat berserta Babinsa dan pihak kepolisian datang untuk melakukan pemeriksaan.

Terpisah, Kapolsek Mayangan Kompol Ahmad Firman Wahyudi mengatakan, bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dengan kasus tersebut. Kita dalami dulu. Saat ini anggota masih melakukan proses penyelidikan,” singkat Kompol Firman. (rpd/rf)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Stok Garam di Kab Pasuruan Masih Tersisa 2.200 Ton

Sampai awal Desember ini, stok garam hasil produksi petambak garam di Kabupaten Pasuuran belum seluruhnya terserap pasar.

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak.

Tekan Covid-19; Disiplin 3M Sama Pentingnya dengan Vaksin

Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan masih menjadi keharusan, meskipun program vaksinasi nantinya telah dijalankan.

Terdampak Pandemi, Pilot pun Nyambi Bisnis Online Shop

pilot maskapai penerbangan nasional ini mengaku, pendapatannya berkurang 30 persen sejak pandemi.

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

Dinkes Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).