Tarif Rapid Test Rp 150 Ribu Belum Diterapkan di Kota Probolinggo  

Suasana Rapid Test di pusat perbelanjaan Kota Probolinggo, beberapa waktu lalu. Tarif tertinggi rapid test Rp 150 Ribu belum bisa diterapkan di Kota Probolinggo. (Jawa Pos Radar Bromo Photo)

Related Post

MAYANGAN, Radar Bromo-Penetapan tarif tertinggi rapid test sebesar Rp 150 ribu, belum bisa dilakukan di Kota Probolinggo. Penyebabnya, alat rapid test yang dijanjikan Kementerian Kesehatan belum diterima daerah sampai saat ini.

“Tarif rapid test berdasarkan SE Kemenkes ditetapkan Rp 150 ribu. Namun, di Kota Probolinggo belum bisa diterapkan. Sebab, sampai saat ini alat rapid test yang dijanjikan oleh Kemenkes belum kami terima,” terang Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Probolinggo dr Abraar HS Kuddah, kemarin (8/7).

Dokter bedah senior ini menjelaskan, saat ini Indonesia merancang alat rapid test sendiri dengan harga Rp 75 ribu. Kemungkinan alat itu diproduksi pada akhir Agustus 2020.

          “Kemenkes berencana untuk memberikan alat rapid test yang dibuat oleh Indonesia sendiri. Itu yang akan digunakan. Dan alat itu belum kami terima,” tambahnya.

Menurutnya, rumah sakit atau daerah memiliki sebuah pilihan untuk menggunakan alat rapid test yang mana. RSUD dr Mohamad Saleh menurutnya, memutuskan untuk menggunakan alat rapd test standar Eklia yang sensitivitasnya di atas alat rapid test standar.

“Yang terpenting adalah bagaimana bisa melakukan pemeriksaan dengan alat rapid test yang punya sensitivitas tinggi,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya menurut Abraar, mengupayakan untuk menggunakan alat rapid test dengan harga yang lebih rendah. Konsekuensinya, alat ini memiliki sensitivitas yang lebih rendah.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/I/2875/2020 tentang batasan tertinggi pemeriksaan rapid test antibody. Surat edaran itu menyebutkan batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibody sebesar Rp 150 ribu. Tarif ini berlaku untuk masyarakat yang akan melakukan pemeriksaan rapid test atas permintaan sendiri. (put/hn)