Persekabpas Hanya Unggul Tipis saat Jamu Persibara

BANGIL–Jalan Persekabpas bakal cukup terjal untuk melenggang ke babak lanjutan Zona Jawa. Sebab, tim berjuluk The Lassak itu hanya mampu menang tipis di first leg saat menjamu Persibara Banjarnegara, Selasa (9/10).

Bermain di hadapan publik sendiri, Ricko Hardiansyah cs hanya meraih kemenangan tipis 3-2. Dengan hasil itu, Persekabpas dituntut untuk lebih konsentrasi saat melawat ke Banjarnegara.

Tiga gol kemenangan Persekabpas di sumbang oleh striker haus golnya, Rico Hardiansyah (2 gol) dan defender Joko Supriyanto. Sementara dua gol tim tamu dilesatkan oleh Teja Ridwan dan Efdal Prastiyo.

Kemenangan tersebut diraih arek-arek Sakera dengan cara tak mudah. Tim tuan rumah membuka keunggulan, begitu waktu memasuki menit ke 5. Sepak pojok yang dilesatkan Hadi Sudarma, mampu disambut baik oleh Rico Hardiansyah.

Unggul satu gol, ternyata sempat membuat “mesin” Persekabpas mengendur. Serangan demi serangan yang dilesatkan, nyaris tanpa hasil. Justru tim tamu banyak memberikan tekanan.

Hingga petaka itu tiba, ketika waktu menunjukkan menit ke 43. Handball M. Faruq di luar kotak pinalti, memberi angin segar bagi tim lawan. Sontekan bebas yang dilayangkan Teja Ridwan, sulit dijangkau oleh kiper Persekabpas, Alfarisi.

Di babak kedua, tim Persekabpas mencoba untuk lebih garang. Baru di menit 58, Persekabpas kembali membuka keunggulan.

Pelanggaran pemain belakang Persibara Banjarnegara, berbuah tendangan bebas. Rico yang datang sebagai eksekutor, benar-benar memukau penonton yang menyaksikan.

Tendangan kerasnya dari jarak hampir 30 meter, tak mampu dibendung penjaga gawang Persibara, Suchamin. Sorak sorai penonton bergemuruh, menandai jebolnya gawang Persibara.

Skor kembali berubah 2-1 untuk Persekabpas Pasuruan. Semangat juang untuk bisa menang, benar-benar berkobar di benak para pemain. Terbukti di menit ke 72, The Lassak menambah keunggulan.

Gol ketiga Persekabpas itu dicetak oleh Joko Supriyanto. Pemain belakang tim yang identik dengan warna oranye itu, berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan kelengahan lini belakang lawan.

Begitu mendapat bola, Joko yang ketika itu tengah berada di barisan depan, langsung berlari menuju jantung pertahanan lawan. Begitu dekat, ia melesatkan tendangan gledeknya. Bola tak mampu ditahan. Gol kembali tercipta. Skor bertambah, 3-1 untuk Persekabpas Pasuruan.

Di menit ke 81, tim Persibara Banjarnegara mendapatkan hadiah pinalti. Pemain belakang Persibara, Efdal Prastiyo datang sebagai algojonya. Tanpa mampu dihalau Alfarisi, bola tendangannya berubah menjadi petaka, bagi tim tamu. Skor kembali berubah, 3-2 masih untuk keunggulan Persekabpas.

Para supporter dibuat deg-degan ketika memasuki injurytime. Serangan yang dibangun Persibara nyaris berubah gol. Ketika dua pemain Persibara, berhasil masuk jantung pertahanan Persekabpas tanpa pengawalan ketat. Untungnya, bola masih bisa diselematkan. Sehingga ancaman berbahaya itu, mampu digagalkan.

Kemenangan itu membuat Pelatih Persekabpas Pasuruan, Kasianto sumringah. Ia mengaku, targetnya memang meraih kemenangan.

Meskipun, kemenangan telaklah yang dibidik. “Tapi, apapun hasilnya, yang penting bagi kami bisa meraih kemenangan. Meski kemenangan yang kami raih, sangat tipis,” tukasnya.

Kemenangan itupun, memberi modal penting ketika Persekabpas berlawat ke Banjarnegara. “Hasil seri, sudah cukup bagi kami untuk lolos ke babak berikutnya,” ungkapnya. (one/mie)