Ciduk 6 PSK di Tretes Prigen, 1 Terinfeksi HIV

BANGIL, Radar Bromo-Daftar pekerja seks komersial (PSK) di Kabupaten Pasuruan yang terinfeksi HIV/AIDS kembali bertambah. Itu, setelah Satpol PP menggelar razia di kawasan Tretes, Kecamatan Prigen, Rabu (8/1) malam.

Ada 8 kupu-kupu malam yang berhasil diamankan petugas penegak perda. Dari 8 PSK itu, satu di antaranya diketahui mengidap HIV/AIDS.

Hal itu berhasil diketahui setelah Satpol PP, Dinsos, dan Dinkes Kabupaten Pasuruan melakukan tes kesehatan pada 8 PSK, kemarin siang.

Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana menguraikan, razia digelar dalam rangka penegakan perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Pelacuran di Kabupaten Pasuruan. Dalam razia itu, sejumlah personel dikerahkan.

Mereka menyisir vila-vila ataupun wisma di kawasan Tretes, Kelurahan/Kecamatan Prigen. Hasilnya, enam PSK berhasil diamankan. Para PSK yang diamankan itu, kemudian digelandang ke Makopol PP untuk didata.

Selanjutnya, mereka dites kesehatan. “Kami menyerahkan mereka ke Dinsos Kabupaten Pasuruan untuk dicek kesehatannya dan mendapatkan pembinaan,” jelas Bakti.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan itulah, diketahui ada yang terinfeksi HIV/AIDS. “Ada satu yang terinfeksi HIV/AIDS. Dan tentunya akan kami pantau,” urainya.

Para PSK itu kemudian diserahkan ke panti rehabilitasi Pemprov Jatim di Kediri. Mereka bakal mendapatkan pembinaan. “Semuanya dikirim ke Kediri,” jelasnya. (one/mie)