alexametrics
27 C
Probolinggo
Tuesday, 24 November 2020

Blarrr, Elpiji Meledak di Rumah Warga Tegalsiwalan, Pemiliknya Luka-luka

TEGALSIWALAN, Radar Bromo – Nahas dialami Siti Zubaidah, 27, warga Dusun Jurangan, Desa Blado Kulon, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Saat hendak memasak, tabung gas elpiji 3 kilogram di dapur rumahnya meledak.

Korban pun dilarikan ke IGD RSUD dr Waluyo Jati, Kraksaan. Perempuan yang tengah hamil dua bulan itu, mengalami luka bakar di sejumlah bagian tubuhnya.

“Sempat dibawa ke Puskesmas. Kemudian langsung dirujuk ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Istri mengalami sejumlah luka bakar,” terang Suyit, 60, suami korban.

Ledakan tabung elpiji itu terjadi Sabtu (7/3), sekitar pukul 05.00. Ketika itu, korban hendak memasak. Dia pun menghidupkan kompor gas yang berada di dapur rumahnya.

Saat itulah, tabung elpiji tiba-tiba meledak. Ledakan yang terjadi bahkan cukup keras. Sebab, sampai merusak tiga ruangan di rumah korban. Yaitu, ruang dapur, kamar mandi dan kamar tidur. Di tiga ruangan itu, dinding ruangan retak. Bahkan, ada yang jebol.

Selanjutnya rumah kakak ipar korban yaitu Sri, juga retak. Rumah itu berdempetan dengan rumah korban. Tepatnya, di sebelah barat rumah korban. Bagian yang retak yaitu, bagian rumah Sri yang berdempetan dengan dapur rumah korban.

RUSAK: Rumah Siti Zubaedah yang temboknya rusak usai ledakan. (Foto: Polsek Tegalsiwalan for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Kapolsek Tegalsiwalan AKP Ida Bagus mengatakan, saat ledakan terjadi, di dapur korban ada dua kompor dan dua tabung gas elpiji 3 kilogram. Satu tabung hendak diganti, karena gas sudah habis. Sedangkan satu tabung lainnya digunakan untuk memasak.

“Saat mengganti tabung gas inilah, kemudian ada kebocoran. Sehingga mengakibatkan gas keluar lalu menyambar api yang menyala di kompor yang digunakan untuk masak. Nah, saat itulah terjadi ledakan,” ujarnya Sabtu (7/3).

Menurut Kapolsek, salah satu penyebab ledakan juga disebabkan karena kondisi dapur tertutup. Tidak memiliki ventilasi udara. Sehingga, gas yang keluar dari kebocoran tabung berkumpul di dalam ruangan.

Sugianto, Humas RSUD Waluyo Jati Kraksaan menjelaskan, luka bakar yang diderita korban terletak di wajah, lengan kanan dan kiri, paha kanan dan kiri. Saat ini, pihaknya terus melakukan perawatan intensif, mengingat korban sedang hamil 2 bulan.

“Luka bakar yang dialami korban kira-kira sekitar 3,5 persen. Kami harus menggunakan Infuspam untuk mengatur takaran obat. Sebab salah sedikit dapat berdampak kepada kandungannya. Namun saat ini masih belum ada keluhan dari korban mengenai kondisi kandungannya,” ujarnya.

Saat ini menurut Sugi sapaanya, korban berada di ruang IGD untuk observasi lebih lanjut. Setelah selesai, korban akan dipindahkan ke ruang rawap inap Asoka untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

“Pemindahannya kapan belum ditentukan. Yang jelas perawatan lebih lanjut akan terus dilakukan. Sebab, ditakutkan luka bakar terbuka sehingga mengalami infeksi yang berdampak pada proses penyembuhan,”ujarnya. (mg1/hn/fun)

 

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sepekan Tak Diketahui, Ditemukan Meninggal di Dalam Rumah

Sesuai keterangan keluarga, korban mempunyai riwayat penyakit Diabetes.

Belajar dari Pengalaman Langsung Kesembuhan Penyintas COVID-19

Pola makan dengan asupan makanan tinggi kalori dan tinggi protein merupakan treatment yang dianjurkan saat terkena COVID-19.

Begini Kondisi Wawali Probolinggo yang Dirawat di Surabaya

Dr Abraar Kuddah menjelaskan, kondisi wawali stabil on ventilator

Pasutri Bertengkar, Rumah di Jl Supriyadi Probolinggo Dilalap Api

“Pasangan suami istri itu baru jadi warga disini. Tadi sempet bertengkar hebat,” ujar salah satu tetangga.

Hanya Bisa Bangun 6 Rambu Penunjuk Wisata di Lokasi Ini

Pasca dilakukan refocusing anggaran, Dishub hanya mampu membangun 6 rambu penunjuk arah menuju lokasi wisata.