Lahan di Tongas Disiapkan untuk Pemakaman Pasien Covid-19

TONGAS, Radar Bromo – Pemkab Probolinggo terus menyiapkan sejumlah hal untuk mengantisipasi sebaran korona di wilayahnya. Salah satunya, menyiapkan tempat khusus untuk pemakaman pasien corona virus disease (Covid-19).

Tempat yang dipilih yaitu, lahan pemerintah di Dusun Gunung Tugel, Desa Tongas Tongas Wetan, Kecamatan Tongas.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian menjelaskan, Gunung Tugel dipilih sebagai tempat pemakaman khusus untuk antisipasi, jenazah pasien Covid-19 ditolak warga di tempat asalnya.

”Jadi Gunung Tugel disiapkan pemerintah daerah untuk antisipasi, kalau ada jenazah Covid-19 tidak boleh dimakamkan di pemakaman umum. Rencana besok (hari ini, red) kepastian persiapan dirapatkan oleh satgas,” katanya.

Menrutnya, lahan yang dijadikan tempat pemakaman jenazah Covid-19, berstatus milik negara. Karena itu, Pemkab memiliki hak untuk menggunakan lahan itu sebagai tempat pemakaman jenazah Covid-19.

Posisi lahan itu jauh dari permukiman penduduk. Namun, dekat dengan RSUD Tongas. Sehingga, akan lebih mudah penanganannya.

”Pemkab menjadikan RSUD Tongas sebagai rumah sakit khusus untuk menangani pasien Covid-19. Karena itu, lahan dipilih lahan pemakaman di dekat RSUD Tongas,” terangnya.

Sejauh ini dikatakan Yulius, tidak ada penolakan dari warga untuk pemakaman PDP (pasien dalam pengawasan) atau suspect virus korona yang meninggal. Mereka telah dikuburkan di tempat pemakaman umum di desanya masing-masing.

Tentunya, pemakaman menggunakan APD dan protokoler sesuai penanganan Covid-19. “Semoga saja, tidak sampai ada warga yang menolak pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Karena, jenazah Covid-19 itu sudah dibersihkan dan ditangani oleh tim medis,” harapnya. (mas/hn)