Bupati Probolinggo Rekomendasikan Buka Kembali Gunung Bromo

SUKAPURA, Radar Bromo – Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari memberikan rekomendasi untuk reaktivasi wisata Gunung Bromo. Rekomendasi itu telah diserahkan ke Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) untuk dilanjutkan ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto. ”Untuk reaktivasi wisata Gunung Bromo, Ibu Bupati sudah memberikan rekomendasi dan diserahkan ke BBTNBTS,” katanya.

Inti dari rekomendasi itu, menurut Sugeng, Bupati Probolinggo merekomendasikan wisata Gunug Bromo untuk dibuka. Namun, tetap harus memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Mulai dari petugas sampai wisatawannya, harus patuh dan tertib protokol kesehatan. Sehingga, tidak ada penyebaran virus korona di kawasan wisata TNBTS.

”Tetapi, untuk kepastian pembukaan wisata Bromo, tetap menjadi kewenangan BBTNBS. Kami hanya berikan rekomendasi untuk bisa dibuka,” terangnya.

Humas BBTNBTS Sjarif Sajabu membenarkan adanya surat rekomendasi dari Bupati Probolinggo untuk reaktivasi wisata Bromo Tengger Semeru (BTS). Rekomendasi itu selanjutkan diserahkan ke Kementerian untuk jadi pertimbangan dalam pembukaan wisata BTS.

Meski demikian, pihaknya harus menunggu rekomendasi dari tiga kepala daerah lian. Yaitu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang.

“Informasi dari tim yang menangani rekomendasi itu, sampai saat ini rekomendasi yang kami terima baru dari Probolinggo. Dari Bupati lainnya, informasinya minggu ini,” terangnya. (mas/hn)