Giliran Goweser Sidoarjo Tewas, Tercatat Insiden Ketiga

PUNYA KORBAN: Sepeda pancal yang dikendarai Asmuni, dievakuasi petugas usai kecelakaan di jalur Purwodadi-Tutur. Tampak petugas unit laka Satlantas Polres Pasuruan di lokasi kejadian saat olah TKP. (Foto: Poslantas Purwodadi for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWODADI, Radar Bromo – Insiden kecelakaan yang melibatkan goweser (baca: pesepeda) hingga meregang nyawa, kembali terjadi di Kabupaten Pasuruan. Setelah insiden di Sumbersuko, Kecamatan Gempol dan Dawuhansengon, Kecamatan Purwodadi, Minggu (2/8) lalu terjadi di Purwodadi–Tutur, tepatnya Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi.

Di lokasi terakhir yang disebutkan, giliran goweser asal Sidoarjo yang menjadi korban. Identitasnya, diketahui adalah Muhammad Asmuni, 47, goweser asal Desa Medaeng, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Korban meregang nyawa, setelah tertabrak truk.

Informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Bromo, insiden kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 13.00. Siang itu, korban korban bersama sejumlah rombongan, pulang dari gowes di Nongkojajar. Rombongan melaju dari arah timur ke barat.

Petaka terjadi saat korban saat melintas jalan menikung terlalu mengarah ke kanan. Korban tertabrak truk engkel muatan kosong nopol N 9291 UJ. Truk ini dikemudikan Mahfud, 39, warga Desa Urek-urek, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

 

Baca juga: Terpeleset, Pesepeda asal Pajarakan Tewas Terlindas Truk

 

“Korban pesepeda ini celaka saat gowes di posisi jalan turunan dan tikungan. Korban terlalu mengarah ke kanan. Bersamaan itu, kemudian tertabrak truk muatan kosong melintas dari arah berlawanan,” jelas Kaposlantas Purwodadi Aiptu Hardiono.

Sesaat setelah kejadian, korban dilarikan ke IGD Puskesmas Purwodadi, oleh rekan-rekannya sesama goweser. Karena kondisi luka dialaminya parah, akhirnya dirujuk ke rumah sakit.

Setibanya di rumah sakit, langsung mendapat perawatan dan penanganan medis. Sayang, Asmuni kemudian akhirnya mengembuskan napas terakhir.

 

Baca Juga: Diduga Kecapekan, Goweser asal Sukodadi Paiton Jatuh dan Meninggal

 

“Pesepeda kurang menguasai medan, juga kurang hati-hati saat melintas di jalur turunan dan tikungan. Sehingga terjadilah laka lantas ini,” katanya.

Di hari yang sama, tim unit laka Satlantas Polres Pasuruan bersama petugas piket Poslantas Purwodadi, menggelar olah TKP. Kendaraan terlibat laka maut ini diamankan di poslantas setempat.

“Kasus lakanya dalam proses lidik, dan ditangani unit laka Satlantas Polres Pasuruan. Kami mengimbau ke masyarakat, untuk selalu hati-hati saat gowes di jalan raya. Karena rawan laka lantas,” ungkapnya. (zal/fun)