alexametrics
25.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Divonis Dua Tahun, Baqir Tak Ajukan Banding

PASURUAN – Setelah sempat menyatakan pikir-pikir, Muhamad Baqir akhirnya menerima putusan majelis hakim PN Tipikor Surabaya. Keputusan itu didasari sejumlah pertimbangan hukum. Penasihat hukum terdakwa kini memusatkan perhatiannya untuk persidangan yang sedang berlangsung.

“Kami sudah berdiskusi dengan terdakwa dan keluarganya. Memperhatikan pertimbangan hukum dan lamanya tuntutan jaksa, terdakwa memutuskan tidak banding,” kata Penasihat Hukum Muhamad Baqir, Suryono Pane, Minggu (3/3).

Dia membeberkan beberapa hal yang dipertimbangkan terdakwa maupun keluarganya. Antara lain, dikarenakan terdakwa kini telah mendapat kepastian hukum melalui putusan majelis hakim. Setelah sidang putusan, Baqir telah menyampaikan surat kepada JPU KPK.

“Pada intinya, menerima putusan dan mengajukan untuk segera dieksekusi di Lapas yang terdekat dengan kediamannya. Di Lapas Porong,” imbuh Suryono.

Kendati demikian, Baqir masih memiliki hak untuk menempuh upaya hukum lain. Yakni, peninjauan kembali. Hal itu dapat dilakukan setelah eksekusi berlangsung.

Oleh sebab itu, konsentrasi penasihat hukum Baqir kini beralih terhadap persidangan terdakwa Setiyono, Dwi Fitri Nurcahyo, dan Wahyu Tri Hardianto. Suryono mengaku, pihaknya akan terus memantau jalannya persidangan ke depan.

“Kepentingan kami berkaitan dengan upaya hukum yang bisa dilakukan nantinya. Kami kaji fakta hukum yang muncul selama persidangan klien kami maupun persidangan yang sedang berlangsung,” bebernya.

Apabila nantinya ditemukan fakta hukum yang cukup signifikan, tidak menutup kemungkinan Baqir mengajukan peninjauan kembali. Menurut Suryono, hal itu merupakan strategi hukum yang akan ditempuh.

“Tidak melalui banding maupun kasasi karena kami meyakini itu akan memakan waktu. Tapi, klien kami tetap punya hak mengajukan PK nanti, makanya kami pantau dan analisis dulu sidang yang sedang berlangsung ini,” pungkas Suryono.

Diberitakan sebelumnya, majelis hakim PN Tipikor Surabaya berpendapat terdakwa M Baqir terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Serta mengadili terdakwa dengan hukuman selama dua tahun serta denda sebesar Rp 50 juta. Apabila tidak dibayar, maka hukumannya akan ditambah selama dua bulan. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Remaja Muneng Dibegal di Jl Brantas; Ditodong Airsoftgun, Vario Raib

Usai memepet korban, pelaku langsung mencabut kunci motor korban.

PKL Durian Pasar Wisata Cheng Hoo Dikeluhkan Pedagang

Keberadaan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang kaki lima (PKL) durian.

Pengembangan Olahan Produk Pertanian Terkendala Ini

Mengolah hasil pertanian bisa menjadi salah satu upaya mengatasi rendahnya harga hasil pertanian saat panen raya.

Jika Masih Tersisa, Dana Desa Bisa Disalurkan untuk BLT

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo masih memproses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (BLT-DD).

Kuota Pupuk Subsidi Kab Probolinggo Tahun Depan Berkurang

Di Kabupaten Probolinggo tercatat ada 133.817 petani yang masuk dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).