Temukan Cacing Pita di Hati Hewan Kurban yang Ada di Kab Probolinggo

DITELITI: Petugas dari DPKH Kabupaten Probolinggo memeriksa daging kurban. Dalam kegiatan ini, petugas menemukan ada hati seekor sapi dan kambing yang mengandung cacing pita. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menemukan hati sapi dan domba kurban mengandung cacing pita. Karenanya, DPKH meminta panitia kurban tidak memberikannya kepada warga.

Berdasarkan data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, jumlah hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Probolinggo mencapai 972 ekor. Terdiri atas 213 ekor sapi, 572 ekor domba, dan 187 ekor kambing.

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DPKH Kabupaten Probolinggo Nikolas Nuryulianto mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan postmortem selama tiga hari ini. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap Hari Raya Idul Adha. “Tujuannya, untuk memeriksa hewan kurban setelah disembelih. Apakah aman dan tidak mengandung penyakit,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Nikolas mengaku, menemukan seekor domba dan seekor sapi yang di hatinya ditemukan cacing pita. Karenanya, pihaknya meminta panitia kurban tidak memberikannya kepada warga, karena dikhawatirkan membahayakan. “Jadi, daging itu diharapkan untuk dipisahkan,” ujarnya.

Nikolas mengatakan, data itu berdasarkan data yang dihimpun dari delapan kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Dringu, Maron, Sumberasih, Paiton, dan Kecamatan Gading. Serta, Kecamatan Kotaanyar, Kraksaan, dan Kecamatan Tegalsiwalan.

Di sisi lain, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Kota Probolinggo, masih merekapitulasi hasil pemeriksaan postmortem hewan kurban di wilayahnya. Pemeriksaan ini dilakukan rutin oleh tim dari Bidang Peternakan.

Kepala Bidang Peternakan Dispertahankan Kota Probolinggo Suryanto mengatakan, dalam pelaksanaan Idul Adha, timnya turun untuk melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem. “Kalau postmortem ini setelah penyembelihanan kurban. Umumnya saat postmortem ini yang ditemukan seperti adanya cacing pada bagian jerohan kambing seperti hati,” ujarnya.

Jika ada temuan seperti itu, maka tim akan menyarankan bagian daging hewan yang mengandung cacing tidak dikonsumsi atau langsung dibuang. “Sedangkan bagian daging yang lain tetap layak untuk dikonsumsi. Yang ada cacing itu jangan dikonsumsi dan lebih baik dibuang,” ujarnya. (sid/put/rud)