Akses ke Bromo Via Tutur Longsor, Seperti Ini Kondisinya

AKIBAT HUJAN: Lokasi longsor di tepi jalan Provinsi di Desa Wonosari, Kecamatan Tutur. Longsor ini juga menjadi akses menuju Bromo. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

TUTUR, Radar Bromo – Bencana di musim hujan masih mengancam. Selain banjir, longsor juga masih kerap terjadi di Kabupaten Pasuruan. Setelah di Kecamatan Tosari, longsor juga terjadi pula di Kecamatan Tutur.

Senin sore (2/3) lalu longsor terjadi di di Dusun Mesagi, Desa Wonosari. Lokasi longsor  berada di tepi jalan provinsi jurusan Purwodadi–Nongkojajar. Jalan ini merupakan akses utama menuju Bromo.

Dari pantauan radarbromo.jawapos.com, longsor terjadi cukup parah. Panjangnya sekitar 15 meter dan tinggi atau kedalaman mencapai 25 meter. Selain itu, material longsoran yang ada jatuh ke jurang mengakibatkan empat pohon pinus roboh. Pohon pinus tersebut berada di lahan milik Perhutani.

DEMI KEAMANAN: Police line yang dipasang polisi untuk menjadi penanda. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

“Tanah longsornya terjadi karena tergerus air hujan, yang turun deras selama sekitar tiga jam lebih di wilayah Kecamatan Tutur. Longsor berada tepat di tepi atau pinggir jalan provinsi, dan materialnya jatuh ke jurang di lahan Perhutani,” terang Kapolsek Nongkojajar AKP Akhmad Sukiyanto.

Longsor tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka. Hanya kepolisian mengantisipasi dengan memasang garis police line, sekaligus penanda lainnya berupa tong. Ini agar tidak membahayakan pengguna jalan atau kendaraan yang melintas diruas jalan provinsi ini.

“Memang badan jalannya tidak ikut longsor, tapi harus kami antisipasi dini biar kendaraan melintas aman. Maka di TKP petugas memasang penanda juga police line,” ucapnya.

Dihubungi secara terpisah, Plt kepala pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati menuturkan, instansinya sudah turun ke lapangan untuk melihat dan survei. “Tanah Longsor di Tutur ini masuk assessment kami. Penanganan selanjutnya apa yang harus di tempuh baik jangka pendek maupun panjang,” tegasnya. (zal/fun)