alexametrics
27.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Kades Ngadirejo Mengaku Nyabu karena Banyak Tekanan sebagai Kades

PAJARAKAN – Kembar Sanyoto, kepala Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, mengaku baru enam kali memakai sabu. Alasannya sungguh mengejutkan. Ia mengaku memakai sabu karena banyaknya tekanan saat menjabat sebagai kades. Lihat videonya disini.

Hal itu diungkapkan Sanyoto saat rilis yang digelar Polres Probolinggo, Jumat (1/2). “Saya menggunakannya baru enam kali,” terangnya. “Salah satunya itu (tekanan jabatan sebagai kades, Red),” imbuhnya. Namun, ia tak menjelaskan tekanan apa yang ia terima sehingga menjadikan barang terlarang sebagai pelarian.

Saat rilis, Sanyoto sudah mengenakan baju tahanan. Wajahnya juga ditutup balaclava. Sanyoto terus menundukkan wajahnya untuk menghindari sorotan kamera wartawan. Matanya tampak memerah. “Saya khilaf dan saya menyesal. Karena perbuatan itu, saya jadi begini,” katanya lirih.

Ia mengaku mendapatkan sabu tersebut dari seorang temannya. Meski ia tak menjelaskan siapa teman yang dimaksud. Selain Sanyoto, Kaur Keuangan Desa Ngadirejo Sudrajat juga ditangkap. Ia diamankan bersama kades saat pesta sabu di rumahnya. Juga ada supir jip kades yaitu Supriyono, warga Desa Ngadas.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, dari hasil penangkapan, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu 3,59 gram. Barang bukti tersebut saat ini berada di polres beserta ketiga tersangka.

“Saat ini ketiganya kami tahan di polres. Ketiganya terjerat pasal 114 sub 112 UU RI Nomor 35/2009 tentang Penyalahgunaan Narkotika dengan ancaman 5 tahun penjara,” katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Eddwi itu, penangkapan terhadap perangkat desa dan kades-nya itu dilakukan saat Operasi Tumpas Narkoba Semeru.

Dari hasil operasi tersebut, ada empat perangkat desa dan satu kades. “Ada perangkat desa di Kecamatan Tiris dan Kecamatan Wonomerto juga. Kami akan terus melakukan penindakan untuk menciptakan masyarakat aman dan damai,” jelasnya.

Diketahui, Satreskoba Polres Probolinggo menggerebek Kades Ngadirejo saat pesta sabu. Dua orang lain berhasil kabur. Kades Kembar Sanyoto sendiri memang sudah menjadi target operasi (TO) polisi. (sid/rf/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kuota Pupuk Subsidi Kab Probolinggo Tahun Depan Berkurang

Di Kabupaten Probolinggo tercatat ada 133.817 petani yang masuk dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Bantuan Sapi dari Kementan Baru Didroping 72 Ekor, Totalnya 1.000

Program 1000 Desa sapi dari Kementerian Pertanian RI mulai didroping di kandang sapi di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo.

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret.

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.