alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Ada Mikrolet Baca di Kota Pasuruan, Ini yang Tersedia di Dalamnya

Membaca bagi sebagian orang mungkin aktivitas yang agak menjemukan. Padahal, membaca bisa dilakukan di mana saja. Bahkan saat menempuh perjalanan di angkutan kota. Di Kota Pasuruan, ada beberapa angkutan kota yang menyediakan buku-buku. Seluruhnya bisa dibaca penumpang.

—————-

KEBERADAANNYA memang tak menentu. Bahkan agak sulit dicari. Karena hanya segelintir dari puluhan angkutan kota yang saban hari lalu lalang di jalanan di Kota Pasuruan.

Kalaupun kita bisa menjumpai mikrolet baca itu, bisa jadi penumpang masih kesulitan membedakan dengan angkutan kota umumnya. Karena, memang bentuk hingga warna kendaraannya sama.

Hanya satu hal yang menjadi pembeda. Sebuah stiker yang melekat pada kaca belakang angkutan kota tersebut. Di stiker itu, ada tulisan Mikrolet Baca Kota Pasuruan. Di balik kaca kendaraan, ada deretan buku yang tertata di rak yang ala kadarnya, tapi terlihat rapi.

Mikrolet baca itu sudah beroperasi sejak tahun 2019. Penggagasnya yaitu SMKN 1 Pasuruan. Pertimbangan menggagas Mikrolet Baca ini tidak sekedar untuk menumbuhkan gemar membaca.

Hal lain, karena naik angkutan kota identik dengan waktu tempuh yang lama. Sebab, kendaraan yang menyediakan jasa angkut kepada masyarakat umum itu memang harus mangkal di sejumlah titik pemberhentian untuk memenuhi kursi penumpang.

TAMBAH WAWASAN: Selain menambah wawasan, acapkali juga untuk mengusir jenuh (Foto: Istimewa)

 

Karena itu, mikrolet baca sengaja dihadirkan. Tujuannya, agar waktu tak terbuang percuma saat naik angkutan kota atau saat menunggu angkutan kota mencari penumpang.

Sembari naik angkutan kota, penumpang bisa membaca buku-buku yang disediakan. Dengan membaca diharapkan juga, para penumpang bisa mengusir kejenuhan di dalam angkutan. Dari sini pula, akhirnya diharapkan kegiatan itu sekaligus bisa mendongkrak minat baca masyarakat.

“Makanya kami ajak beberapa sopir angkot untuk kerja sama membuat mikrolet baca ini,” kata Kepala SMKN 1 Pasuruan Akh. Sigit Suyani.

Tidak hanya mengusir kejenuhan, tujuan utama mikrolet baca itu untuk menanamkan budaya literasi di tengah masyarakat. Karenanya, tema buku-buku yang disajikan dipilih yang lekat dengan kehidupan masyarakat. Seperti buku motivasi, anak-anak, parenting, dan agama.

“Ada juga buku ringan dan menghibur. Yang terpenting adalah bagaimana budaya gemar membaca ini bisa tumbuh di tengah masyarakat luas,” ungkap Sigit.

Dengan begitu, kebiasaan membaca bisa dilakukan di mana saja. Bukan hanya saat berada di rumah, sekolah atau perpustakaan. Bahkan, juga bisa dilakukan di angkutan kota sembari melewati perjalanan.

“Sehingga waktu luang penumpang yang hanya beberapa menit di angkot bisa dimanfaatkan dengan kegiatan yang berguna yaitu membaca. Dengan membaca dapat bermanfaat menambah pengetahuan,” ujar Sigit.

Sampai saat ini, ada tujuh angkutan kota yang menyediakan fasilitas literasi tersebut. Pihaknya juga tengah berupaya menambah armada mikrolet baca. Sedangkan buku-bukunya, hampir semua didapat dari sumbangan guru-guru di sekolah tersebut.

“Sifatnya sukarela dan tidak mengikat. Jadi yang mau nyumbang buku langsung disalurkan ke mikrolet baca. Prinsipnya, semakin banyak dibaca orang, maka manfaatnya juga akan lebih luas lagi,” pungkasnya. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pagi Ini Presentasi-Penilaian Lomba Karya Tulis Kampung Hebat

Usai presentasi, akan dibuktikan dengan kunjungan lapangan yang digelar pada 4, 5 dan 7 Desember.

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).