alexametrics
26.7 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Bripda Bagus Indra Wijaya, Anggota Polres Probolinggo yang Juara Silat Internasional

Bripda Bagus Indra Wijaya, anggota Sabhara Polres Probolinggo membuat harum nama Polres Probolinggo. Dia berhasil meraih juara I dalam pertandingan silat tingkat internasional, yakni “Airlangga Tapak Suci University Open International Championship 2018” Bahkan, gelar sebagai pesilat terbaik.

ARIF MASHUDI, Kraksaan

Bripda Bagus Indra Wijaya selama ini dikenal bertugas di Sabhara Polres Probolinggo. Bagus-sapaan akrabnya, banyak bertugas mengawal dan pengamanan di bank swasta Kraksaan.

Saat ditemui beberapa waktu lalu misalnya, Bagus tengah hendak bertugas mengawal uang bank untuk pengisian di mesin ATM. Sikapnya bersahaja. Padahal, pekan lalu, dia baru saja meraih juara I dalam pertandingan silat tingkat internasional, “Airlangga Tapak Suci University Open International Championship 2018.” Acara ini digelar empat hari, Rabu – Minggu (12-16/9) di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. Sebelumnya, Bagus juga berhasil keluar sebagai juara dalam kejuaraan pencak silat tingkat provinsi Jatim.

”Peserta kejuaraan di Unair kemarin, yaitu dari semua universitas di Indonesia. Termasuk peserta undangan dari luar negeri seperti Brunei. Kebetulan, saya dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa),” katanya.

Ya, pada 2017 saat diterima menjadi anggota Polri, Bagus tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya, Semester V. Mengambil jurusan pendidikan olahraga.

Saat dirinya diterima sebagai anggota Polri, Bagus tetap meneruskan kuliah di Unesa. Sekaligus mempertahankan kemampuan dalam bela diri pencak silat. ”Alhamdulillah, saya sekarang sudah semester akhir,” ujarnya.

Bagus mengaku, hobi dan kecintaan pada pencak silat sudah lama alias sejak SD. Bahkan, dirinya pun sejak SD sudah ikut latihan pencak silat.

Saat itu, Bagus sudah ingin jadi anggota Polri. Orangtuanya, lantas membekali dengan beladiri pencak silat. ”Saya sudah lama suka pencak silat. Karena dukungan orang tua, saya pun semangat ikut pencak silat dan daftar anggota Polri,” lanjutnya.

Saat diterima sebagai anggota Polri diakui Bagus, beladiri pencak silat yang dimiliki banyak manfaatnya. Oleh Karena itu, dirinya tetap menekuni bakatnya tersebut. Termasuk, tugasnya saat ini sebagai pengawalan di bank. Tentunya, kemampuan bela diri juga dibutuhkan. ”Alhamdulillah, saya tetap bisa berprestasi di pencak silat,” ujarnya.

Selama ini diakui Bagus, dirinya tetap berusaha untuk latihan pencak silat. Meskipun, tugas dinas sebagai anggota Polri, cukup padat, Bagus rutin latihan dua kali dalam seminggu. Baginya, keahlian bela diri pencak silat harus diasah dan dilatih terus.

”Dua kali dalam sepekan, saya tetap sempatkan latihan fisik dan pencak silat. Meski tugas dinas padat, tetap saya usahakan latihan untuk mengasah dan mempertahankan kemampuan,” terangnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad pun mengapresiasi prestasi yang diraih anggotanya. Dengan tugas dinas sebagai anggota Polri, namun tetap menyempatkan latihan pencak silat. Hingga akhirnya, meraih prestasi tingkat internasional antar mahasiswa.

”Kami bangga dan berharap prestasi yanag diraihnya terus dipertahankan. Kemampuan dalam bela diri pencak silat, dimanfaatkan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,” harapnya. (hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Berangkat Kerja, Warga Sumberdawesari Grati Tewas Tertabrak Truk

Korban diduga hendak mendahului kendaraan yang di depannya dari sisi kanan, bersamaan itu, ada truk kontainer yang melaju dari arah berlawanan.

CBR Tabrak Pejalan Kaki di Pandaan, Dua Korban Terluka

Dalam kejadian laka lantas ini, posisi pengendara motornya berada di pihak yang kurang menguntungkan.

Ada Gangguan di Ruang Penggilingan Batu Bara, PJB Unit 9 Terbakar

Pemulihan peralatan-peralatan yang rusak yang akan membutuhkan waktu perbaikan selama 3-5 hari.

Angkut 4.840 Liter Solar, Kapal Terbakar di Gili Ketapang  

Saat pemindahan solar menggunakan mesin pompa, diduga mengalami kebocoran selang.

Pria Tewas Leher Tersayat di Nguling, Polisi: Dugaan Awal Bunuh Diri

Pria dengan lengan penuh tato itu ditemukan telentang di sebuah ranjang bambu dengan leher terluka parah.