Upaya Pemdes Purwodadi Pertahankan Pasar Desa yang Jadi Pusat Ekonomi Warga

Bagi masyarakat Desa Purwodadi, pasar desa merupakan salah satu sumber kegiatan perekenomian. Keberadaan pasar permudah warga memenuhi kebutuhan. Disamping itu juga menghasilkan pendapatan.

———–

Letak Pasar Desa Purwodadi sangatlah strategis. Karena berada di sisi sebelah timur ruas jalan nasional jurusan Surabaya–Malang, Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Purwodadi.

BUTUH PERBAIKAN: Tampak depan Pasar Desa Purwodadi. (Rizal F. Syatori/Radar Bromo)

Pasar Desa Purwodadi sudah ada sejak 1974. Sampai dengan sekarang tetap ada. Bahkan selalu ramai di tiap harinya. Aktivitas di dalamnya, setiap hari ramai. Didalamnya terdapat 53 lapak. Menjadi ramai karena posisi pasar dikelilingi perkampungan padat penduduk.

“Keberadaan pasar desa ini sangatlah penting. Tentunya kami di pemerintahan desa tetap mempertahankan. Bahkan menatanya menjadi lebih baik, dan mengontrol pengelolaannya oleh BUMDEs,” jelas Kades Purwodadi Mulyono.

Pada 2015 lalu, di areal lokasi pasar desa ini ada penambahan bangunan sebanyak lima kios. Pembangunannya dapat bantuan dari Pemkab Pasuruan. Dengan tambahan kios meskipun hanya lima unit, pasar menjadi lebih ramai.

“Fungsinya cukup vital. Tak hanya sumbang pendapatan desa semata. Tapi mempermudah masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, baik warga Desa Purwodadi dan juga sekitarnya,” kata Mulyono.

Karena bangunannya lapak yang ada termasuk sudah lama, Pemdes setempat berencana akan merevitaliasinya pada tahun depan. Untuk pendanaannya dialokasikan dari Dana Desa (DD), juga mengupayakan bantuan dana dari Pemkab Pasuruan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang membidangi Pasar Desa.

“Agar lebih tertata, serta bagus dan juga bersih, tahun depan sudah saatnya untuk di revitalisasi. Mulai dari atap, lapak dan juga sarana pendukung lainnya di dalam pasar desa,” cetusnya. (zal/fun)