alexametrics
26 C
Probolinggo
Monday, 30 November 2020

Tunggu Petunjuk KPU Pusat sebelum Lelang Eks Logistik Pemilu

KRAKSAAN, Radar Bromo – Setelah pemilihan umum 2019 selesai, sejumlah logistik masih disimpan oleh lembaga penyelenggara pemilu. Tak terkecuali KPU Kabupaten Probolinggo. Rencananya, KPU akan menghapus bekas logistik tersebut, bila sudah ada petunjuk dari KPU pusat.

Logistik itu berupa sepuluh ribu lima ratus kotak suara yang berisikan dokumen-dokumen, termasuk surat suara milik KPU. Rencananya, penghapusan bekas logistik itu dilakukan bulan depan. Hanya saja, bekas logistik baru bisa dihapus apabila sudah ada surat edaran dari KPU pusat, sehingga memang tidak dilaksanakan sekarang.

Hal itu diungkapkan Kepala Subbagian (Kasubag) Darso. Menurut dia, pengajuan penghapusan bekas logistik pemilu, bisa dilakukan sebulan setelah dilantiknya presiden. “Akan ada namanya jadwal redaksi arsip, yang nantinya memperbolehkan eks logistik untuk dihapus. Bisa dilakukan setelah satu bulan dewan pusat (DPR RI) dan Presiden dilantik,” ujarnya.

Pengusulan penghapusan dilakukan oleh KPU Kabupaten Probolinggo kepada KPU Pusat. Setelah mendapat izin dari KPU Pusat, maka, pihak KPU akan melakukan pemberitahuan terhadap Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang berada di Jember.

Lanjutnya, Salah satu fungsi KPKNL dalam hal ini adalah untuk mengatur proses keuangan yang diperoleh dari hasil lelang, yang nantinya akan ditaruh pada Kas Negara. “Jadi uang hasil lelang tidak ada yang ngendap di KPU. Semuanya diurus KPKNL, yang nantinya akan dijadikan kas negara,” ujarnya.

Ia juga menambahkan untuk proses pelelangan akan tetap dilakukan di gudang KPU yang berada di Desa Sentong, Kecamatan Krejengan. Ia juga menjelaskan bahwa masyarakat yang menginginkan barang lelang harus mempersiapkan dana jamin sebesar 50 persen dari harga barang yang akan dimiliki. Itu sebagai tanda peserta untuk mengikuti lelang. ”Nantinya uang tersebut akan dikirimkan kepada KPKNL,” ujarnya. (mg1/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dampak Cuaca, Produsi Batik Lambat, Pesanan Belum Stabil

Memasuki musim hujan sejumlah pembatik di Kabupaten Probolinggo, mulai menemui kendala.

Gandeng HIPPA untuk Kontrol 289 Titik Saluran Irigasi

Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo terus berupaya mengantisipasi terjadinya luapan air akibat meningkatnya debit air.

Lobster di Probolinggo Tak Banyak, Penaburan Benih Belum Signifikan

Laut Kabupaten Probolinggo tepatnya di kawasan Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, pada 2018 lalu beberapa kali dilakukan tebar benih lobster.

Tahun Depan Proyek PRIM Fokus Jalur Lumbang-Madakaripura

Jalan sepanjang lebih dari 7 km itu akan dianggarkan tak kurang dari Rp 32 Miliar.

Kinerja KONI Kab Pasuruan Disoal, Dewan: Ada Atlet Bela Daerah Lain

Kinerja KONI Kabupaten Pasuruan, disorot legislatif. Menyusul banyaknya atlet berpotensi, yang ternyata "lari" dan membela daerah luar.