alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Rehab Pasar Kebonagung-Karangketug Dimulai, Target Rampung Akhir Tahun

PURWOREJO, Radar Bromo – Proyek rehab Pasar Kebonagung dan Karangketug Kota Pasuruan dimulai. Rehab dua pasar yang memanfaatkan anggaran dana alokasi khusus (DAK) itu dimulai sejak pertengahan Agustus lalu.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, sejumlah pekerja tampak mulai menggarap atap pada pasar induk di Pasar Kebonagung. Pemkot setempat optimistis, rehab dua pasar ini bakal rampung sebelum tahun anggaran 2019 berakhir.

“Rehab sudah dilakukan sejak pertengahan Agustus lalu. Sama seperti rencana awal, Pasar Kebonagung dan Karangketug yang diperbaiki,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Muallif Arif.

Ayik –sapaan akrabnya- menjelaskan, sesuai rencana, rehab dua pasar tradisional ini dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Perdagangan RI senilai Rp 4,2 miliar. Rinciannya, revitalisasi Pasar Kebonagung senilai Rp 2,1 miliar dan Pasar Karangketug senilai Rp 2,1 miliar.

Menurutnya, rehab untuk Pasar Kebonagung diperuntukkan memperbaiki pasar induk setempat. Mulai dari saluran drainase dan atap pasar induk. Sebab, los pasar induk kerap bocor saat musim hujan.

Selain itu, pintu pasar juga bakal diubah menjadi rolling door. Sehingga, bisa dibuka dan ditutup dengan nyaman. Serta perbaikan lantai menjadi keramik.

Sementara di Pasar Karangketug, bakal dilakukan perbaikan drainase dan pengecatan ulang pasar setempat. “Insyaallah, rehab bakal rampung tepat waktu. Sebelum tahun 2019 berakhir, pedagang sudah bisa menikmati pasar tanpa bocor,” janji Ayik. (riz/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU