alexametrics
26.7 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Selain Madrasah, Pendirian TPQ di Kabupaten Pasuruan Ikut Diperketat

PASURUAN – Tak hanya Madrasah Diniyah (Madin) di Kabupaten Pasuruan yang legalitas pendaftarannya diperketat. Mulai tahun depan, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan juga akan memperketat syarat legalitas pendirian Taman Pendidikan Quran (TPQ).

Selain sudah memiliki gedung sendiri, jarak antar-TPQ dan jumlah murid juga diperhitungkan dalam mendaftarkan legalitas TPQ.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Pasuruan Achmad Sarjono mengatakan, jumlah TPQ di Kabupaten Pasuruan sudah cukup tinggi. Bahkan, per desa rata-rata ada 3 TPQ sampai 5 TPQ. “Sampai saat ini jumlah TPQ sudah mencapai 1.396 lembaga. Dengan jumlah desa yang 365 desa, maka setiap desa bisa ada 3-5 TPQ,” ujarnya.

Dengan jumlah itu, Sarjono mengatakan, sudah cukup ideal. Karena santri TPQ yang rata-rata berusia 4-12 tahun, penting juga jarak TPQ dekat dengan rumah mereka. Namun, ke depan tetap diperhatikan agar jumlah TPQ tidak semakin membeludak dan di lapangan menimbulkan konflik.

Tahun ini, jumlah TPQ ada peningkatan sedikit. Tahun ini ada tambahan 12 TPQ, sehingga jumlah TPQ di Kabupaten Pasuruan mencapai 1.396 lembaga. Agar ke depan TPQ yang mendaftarkan legalitasnya benar-benar berkualitas, Kemenag akan melakukan pengetatan.

Sarjono mengatakan, selain jarak antara TPQ minimal 1 kilometer, juga ada syarat lainnya. Di antaranya, jumlah muridnya sudah di atas 60 orang, mempunyai gedung sendiri, guru minimal 4 orang, dan memiliki SK Kemenkum HAM. Dengan adanya pengetatan ini, diharapkan TPQ yang mengajukan legalitas benar-benar berkualitas. (eka/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Berangkat Kerja, Warga Sumberdawesari Grati Tewas Tertabrak Truk

Korban diduga hendak mendahului kendaraan yang di depannya dari sisi kanan, bersamaan itu, ada truk kontainer yang melaju dari arah berlawanan.

CBR Tabrak Pejalan Kaki di Pandaan, Dua Korban Terluka

Dalam kejadian laka lantas ini, posisi pengendara motornya berada di pihak yang kurang menguntungkan.

Ada Gangguan di Ruang Penggilingan Batu Bara, PJB Unit 9 Terbakar

Pemulihan peralatan-peralatan yang rusak yang akan membutuhkan waktu perbaikan selama 3-5 hari.

Angkut 4.840 Liter Solar, Kapal Terbakar di Gili Ketapang  

Saat pemindahan solar menggunakan mesin pompa, diduga mengalami kebocoran selang.

Pria Tewas Leher Tersayat di Nguling, Polisi: Dugaan Awal Bunuh Diri

Pria dengan lengan penuh tato itu ditemukan telentang di sebuah ranjang bambu dengan leher terluka parah.