alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

9 Bulan, Pajak Galian C di Kab Pasuruan Baru Tercapai Rp 13,5 M

GEMPOL, Radar Bromo – Sampai kuartal akhir September lalu, penerimaan pajak tambang atau Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) di Kabupaten Pasuruan mencapai Rp 13,5 miliar. Jumlah ini masih 61,56 persen dari target yang dipatok tahun ini sebesar Rp 22 miliar.

Kabid Pendataan, Penetapan dan Pelaporan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan Mokhammad Syafi’i mengatakan secara persentase penerimaan Pajak MBLB memang masih kurang bagus dari target triwulan ketiga. “Secara persentase, di kuartal ketiga idealnya sudah mencapai 75 persen. Namun, memang masih 61 persen dari target Rp 22 miliar,” terangnya.

Dijelaskannya, kurang tingginya realisasi pajak tambang sementara ini lantaran tahun ini sudah selesainya pengerjaan tol Gempol–Probolinggo. Sehingga, hal ini turut mengurangi permintaan pasir batu yang tahun sebelumnya cukup tinggi.

Pajak MBLB sendiri mayoritas memang dari tambang pasir dan batu atau galian C. Selama ini permintaan sebenarnya sudah cukup tinggi mulai dari Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik. Namun tahun lalu realisasi memang cukup baik lantaran terdongkrak dengan pembangunan tol yang membutuhkan sirtu untuk pembangunannya.

Tahun lalu dengan target Rp 22 miliar, pajak dari galian C tembus Rp 24,2 miliar atau 110,3 persen. Tahun ini dengan target yang sama Rp 22 miliar, memang masih terealisasi Rp 13,5 miliar.

Meski begitu, BKD Kabupaten Pasuruan tetap optimistis target yang dicanangkan bisa terealisasi sampai tutup tahun nanti. Dengan wajib pajak yang terdata mencapai 54 WP, BKD Kabupaten Pasuruan akan tetap intens melakukan pengawasan dan monitoring agar realisasi bisa tercapai. (eka/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.

Sampai November Tangkapan Ikan di Kab Pasuruan Capai 12.716 Ton

Sempat lesu di semester pertama, tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pasuruan kembali bergairah di triwulan ketiga.