alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Hindari Macet di Jalan Veteran, Kontraflow Diberlakukan Selama Perbaikan

PANGGUNGREJO – Pengendara yang biasa melintas di Jalan Veteran Kota Pasuruan, kini harus lebih bersabar. Pasalnya, di jalur nasional itu tengah dilakukan perbaikan total. Perbaikan berupa konstruksi itu memakan separo jalan di sisi utara, sehingga arus lalu lintas disana diberlakukan kontraflow.

Pemberlakuan kontraflow diberlakukan sejak Selasa 28/8. Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) menargetkan rekonstruksi ini rampung paling lambat awal Desember mendatang.

Ruas jalan yang direkonstruksi sepanjang 750 meter di sisi utara mulai dari simpang tiga Veteran sampai simpang empat Jalan Ir. Juanda. Pengerjaannya sendiri baru memasuki tahap awal berupa penghancuran lapisan aspal dengan menggunakan backhoe.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII Tol Gempol-Pasuruan-Probolinggo, Sentot Wijayanto membenarkan adanya pengerjaan rekonstruksi di Jalan Veteran. Sepanjang ruas jalan ini nantinya bakal dirigid dengan mengganti lapisan aspal menggunakan beton.

“Ruas jalan setempat merupakan jalur utama penghubung Surabaya-Banyuwangi. Banyak kendaraan besar melintas. Makanya kami ganti dengan beton agar jalan tidak mudah rusak,” katanya.

Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Pasuruan, Iptu Koemaruddin Arif mengungkapkan BBPJN VIII sudah melakukan koordinasi terkait rekonstruksi di Jalan Veteran. Pihaknya pun sudah memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) dengan contraflow.

Kendaraan dari arah barat dialihkan melintasi sisi selatan Jalan Veteran. Sehingga kendaraan dari dua arah harus berbagi dalam satu jalur. Namun, kondisi ini dapat berubah mengikuti perkembangan kepadatan arus lalin.

“Jika misalnya arus dari barat sangat padat, maka kami akan melakukan rekayasa dengan ruas Jalan Veteran di sisi selatan diberlakukan untuk satu arus kendaraan dalam beberapa saat. Kami juga menempatkan petugas untuk mengurai kemacetan sewaktu-waktu,”jelas Koemaruddin. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU