alexametrics
31C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Baru Hanura Serahkan LPPDK di Kabupaten Probolinggo

KRAKSAAN – Kesempatan partai politik (parpol) untuk menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibuka sejak Rabu (24/4). Namun, sampai berita ini ditulis, di Kabupaten Probolinggo baru Partai Hanura yang menyerahkannya.

Komisioner Devisi Pengawasan dan Hukum KPU Kabupaten Probolinggo Cung Ali Samsuri mengatakan, Hanura menyerahkan LPPDK-nya pada Sabtu (27/4). Itu, satu-satunya parpol yang menyerahkan laporannya sejak dibuka pada Rabu (24/4). “Untuk parpol yang lain masih belum ada yang menyerahkan,” ujarnya.

Cung Ali mengaku, meski telah ada yang menyerahkan, pihaknya tidak berani memeriksa laporan itu. Sebab, itu bukan kewenangan KPU daerah. “Kami hanya mengumpulkan. Tidak ada kewenangan membuka atau memeriksanya. Itu, nanti ada tim auditor yang ditunjuk KPU Provinsi untuk mengeceknya,” ujarnya.

Masih banyaknya parpol yang belum menyerahkan laporannya, Cung Ali mengaku, tidak henti-hentinya mengimbaunya untuk segera mengumpulkannya. Sebab, jika parpol tidak mengumpulkan, perwakilan partai yang jadi dewan bisa gugur. “Terakhir nanti tanggal 1 Mei. Semua parpol harus sudah mengumpulkan. Sebab, tanggal dua kami harus menyerahkan ke KPU Provinsi,” ujarnya. (sid/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU