Pohon Randu Berumur Ratusan Tahun Tumbang, Jaringan PLN Putus

TUMBANG: Sejumlah petugas terlihat memperbaiki jaringan listrik PLN setelah putus tertimpa pohon randu di Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Sabtu (28/3). (Rizky Putra Dinasti/Radar Bromo)

Related Post

KEDOPOK, Radar Bromo – Saluran listrik di empat daerah di Kota dan Kabupaten Probolinggo, Sabtu (28/3), terganggu. Sebab, jaringan listrik PLN di Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, rusak tertimpa pohon randu tumbang.

Anshori, 36, warga Kelurahan Jrebeng Lor mengatakan, pohon randu di pemakaman umum itu sudah tua. Ia memperkirakan usianya sudah ratusan tahun. Batangnya diduga mulai keropos, sedangkan daunnya lebat dengan ketinggian lebih dari 20 meter. Dengan kerasnya terpaan angin, kemarin tumbang.

“Pohon tumbang sekitar pukul 08.15. Untung tidak ada korban. Saya tidak melihat langsung robohnya. Tapi, kata warga yang melihat langsung, tiang listrik yang kejatuhan pohon memercikan api. Bahkan, semua kabel putus dan berserakan. Untungnya, pihak PLN langsung mematikanya setelah mendapat laporan dari warga,” ujarnya.

Terpisah, Kepala PLN Probolinggo Ghery Gerhadi mengatakan, perbaikan yang dilakukan berangsur normal. Diperkirakan perbaikan jaringan yang rusak itu dibutuhkan waktu sekitar 6 jam. “Mudah-mudahan tidak ada kendala. Kami upayakan lebih cepat. Sudah dibantu juga dari regu Kraksaan, Bangil, dan Gondang Wetan,” ujarnya.

Menurutnya, ada sejumlah daerah yang terdampak akibat jaringan yang putus ini. Yakni, daerah Leces, Banyuanyar, Dringu, dan Jrebeng Lor. “Daerah yang terdampak padam tinggal Jrebeng Lor. Wilayah lain yang sebelumnya terdampak, seperti Leces, Banyuanyar, Dringu, sudah kami alihkan lewat jalur lain,” ujarnya. (rpd/rud)