Langganan Banjir, Anak Kali Wrati di Wilayah Gempol Dinormalisasi BBWS

GEMPOL – Setiap memasuki musim hujan, Sungai Anak Kali Wrati di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, sering banjir. Agar kasus serupa tidak terjadi lagi, Selasa (27/11) sungai yang berada di bawah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, itu dikeruk.

“Normalisasi ini kegiatan tahunan BBWS Brantas di Anak Kali Wrati wilayah Gempol. Karena setiap tahun hampir langganan banjir. Biar normal dan banjir tidak terjadi kembali,” ujar Plt Kabid Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Chofidon.

Menurutnya, kegiatan ini sudah berjalan sejak sekitar sepekan terakhir. Pengerukan sungai itu dilakukan dengan menggunakan dua ekskavator. Rencananya, sungai ini akan dinormalisasi sepanjang 1,5 kilometer dari Dusun Patuk, Desa Gempol sampai Dusun Kebonsari, Desa Legok.

“Di dasar sungai menumpuk sedimen dan di permukaannya banyak sampah dan enceng gondok. Material itu dikeruk menggunakan alat berat,” ujarnya. Ia memperkirakan, proses normalisasi sungai sepanjang sekitar 1,5 kilometer ini butuh waktu paling lama sebulan.

Adanya normalisasi sungai ini mendapat respons positif dari warga. Terutama mereka yang rumahnya berada di dekat sungai. “Normalisasi ini memang harus dilakukan, jika tidak airnya bisa meluap dan menyebabkan banjir,” ujar warga setempat, Samsul. (zal/fun)