Bulan Depan Bangun Cross Draine di Bundaran Apollo

GEMPOL, Radar Bromo – Pembangunan drainase di Bundaran Apollo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol sejatinya sudah tuntas pekan pertama bulan ini. Selanjutnya Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya, akan melanjutkannya dengan pembangunan cross draine atau saluran pembuang.

Proyek drainase ini yang dibiayai sepenuhnya dari APBN. Pembangunannya bersamaan rekonstruksi jalan nasional jurusan Surabaya–Malang dan sebaliknya, di Kecamatan Gempol.

“Sekarang tinggal bangun cross draine saja, kami agendakan realisasi bulan depan. Saat sedang proses persiapan,” ucap Farhan, pelaksana teknis di lapangan.

Molornya pembangunan cross draine hingga satu bulan lamanya disebutkan, lantaran menunggu material box culvert nya datang. Selain itu, juga sedang koordinasi aktif dengan pihak kepolisian, baik Polsek Gempol dan Satlantas Polres Pasuruan. Karena untuk pemasangan box culvert untuk saluran melintang atau cross draine, jalan nasional akan digali. Secara otomatis berimbas pada kelancaran arus lalin di lapangan.

“Untuk croos draine nya, ada dua lintangan yang kami bangun sebagai pembuang air saat hujan turun di drainase Bundaran Apollo. Masing-masing yang pertama dari arah utara sebelum Bundaran Apollo. Lalu kedua berada pas di Bundaran Apollo arah Surabaya,” bebernya. (zal/fun)