Radar Bromo

Tahun Ini Kab Pasuruan Dapat 750 Kuota Asuransi Nelayan Gratis

BANGIL – Kendati tahun 2018 lalu kuota asuransi nelayan gratis dari pusat tak terserap seluruhnya, di tahun 2019 pemerintah pusat tetap mengucurkan kuota asuransi nelayan. Jumlahnya mencapai 750 kuota, menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 1.000 kuota.

Alamsyah Supriadi, Kepala Bidang Kenelayanan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengatakan, kuota asuransi nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah turun bulan Mei ini. “Jumlahya memang turun lebih sedikit dari tahun lalu,” terangnya.

Alamsyah menambahkan, tahun lalu dari 1.000 kuota memang hanya terserap 302 asuransi. Tidak terserapnya seluruh kuota lantaran, nelayan harus memiliki Kartu Usaha Perikanan (Kusuka) dari pusat. Hal inilah yang membuat kuota gratis tahun lalu banyak yang tidak terserap.

Tahun ini kendati lebih sedikit, Alamsyah optimistis, banyak nelayan yang bisa memanfaatkan kuota tersebut. Ini lantaran untuk kuota gratis ini nelayan yang sebelumnya sudah pernah dapat boleh mengajukan kembali. “Meskipun kami utamakan yang belum pernah dapat asuransi nelayan gratis, tapi kalau sudah pernah tahun ini, diperbolehkan tetap mendaftar,” terangnya. (eka/fun)