alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Saturday, 28 November 2020

Rest Area di Puspo Dilelang Juni, Sebulan Kemudian Bisa Digarap

PUSPO – Rencana pemerintah untuk mendukung pariwisata di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga bakal dilakukan di Kabupaten Pasuruan. Salah satunya adalah pembangunan rest area di Puspo. Sedikitnya anggaran Rp 2 Miliar sudah disiapkan dan ditargetkan tahap lelang pada Juni mendatang.

Agung Maryono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan melalui Budi Shoreanto, Kabid Industri Pariwisata mengatakan, pembangunan Rest Area di Puspo adalah salah satu bentuk dari pembangunan pendukung wisata di 10 destinasi unggulan. Terutama di sekitar wisata gunung Bromo.

“Sedangkan di Kabupaten Pasuruan yang dekat dengan Bromo adalah dengan pembangunan rest area. Rest area ini nantinya bisa menjadi tempat transit bagi wisatawan yang menuju dan dari Bromo,” terangnya.

Budi mengatakan bahwa untuk lokasi rest area ini akan dibangun di Desa Puspo, Kecamatan Puspo. Untuk luas lahan sendiri sebesar kurang lebih setengah hektare dan merupakan lahan milik Desa Puspo yang disediakan untuk pembangunan rest area dan Tourism Informasion.

Untuk rest area, nantinya akan dibangun kantor informasi, tempat parkir, toilet termasuk tempat ibadah dan kafe termasuk toko souvenir. Dikatakan lokasi Desa Puspo sendiri bisa menjadi parkir bus besar yang tidak bisa naik ke Tosari.

Setelah perencanaan, targetnya lelang sudah mulai dilakukan pada bulan Juli mendatang. “Kalau lelang lancar, targetnya Juli sudah ada pengerjaan. Dan perkiraan untuk pengerjaan bisa selesai pada Desember mendatang. Sehingga awal tahun 2020 sudah bisa dimanfaatkan sebagai tempat transit wisatawan,” tutupnya. (eka/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

BPBD Ajukan Tambah Truk Tangki-Mobil Double Cabin

Armada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan saat ini dinilai kurang memadai.

Lanjutan Proyek PLUT-KUMKM Kembali Diusulkan Tahun Depan

Pemkot Pasuruan sejatinya sudah berencana melanjutkan proyek itu menggunakan APBD tahun ini. Namun, batal karena realokasi anggaran untuk Covid-19.

Kurang Sebulan, Proyek Pasar Gondangwetan Baru 45 Persen

Masuk akhir November ini, pengerjaan revitalisasi Pasar Gondangwetan saat ini masih 45 persen.

Dana Banpol di Kab Probolinggo Tahun 2021 Tak Naik

Pemkab Probolinggo memastikan rencana hibah dana bantuan politik (banpol) tahun depan sama dengan tahun ini.

Temukan Engsel saat Ekskavasi, Ini Analisis Kondisi Goa Jepang Dulu

Dengan ditemukannya engsel yang terbuat dari besi pada dinding mulut goa, ada analisis baru tentang Goa Jepang.