Penyaluran BPNT di Kab Pasuruan Molor Lagi

PASURUAN – Kesabaran ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Pasuruan, kembali diuji. Sejauh ini mereka belum bisa mencairkan bantunnya. Sebab, bantuan yang biasanya cair setiap tanggal 25, sampai Rabu (27/2) belum jelas kapan cair.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan Gunawan Wicaksono mengatakan, sampai Rabu belum ada kepastian Pemerintah Pusat terkait kembali molornya pencairan dana BPNT. “Sesuai jadwal seharusnya turun setiap tanggal 25. Namun, bulan ini ternyata kembali tertunda,” ujarnya.

Bulan kemaarin banyak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menanyakan belum turunnya dana BPNT. Karena sesuai jadwal tahun sebelumnya, dana BPNT selalu tepat waktu turun setiap tanggal 25. Sehingga, KPM yang membutuhkan biasanya langsung menuju agen BPNT untuk mencairkannya.

Ternyata, bulan ini pencairan BPNT juga molor. Gunawan mengatakan, bulan kemaarin pencairan yang seharusnya tanggal 25 molor hingga 4 Februari. Sedangkan, bulan ini yang dijadwalkan sudah normal, ternyata masih molor.

“Kami hanya memberikan pengertian, bahwa dana tidak akan hilang dan pasti dapat meski terlambat. Penerima biasanya menyadari yang penting tetap menerima,” ujarnya.

Sejauh ini, di Kabupaten Pasuruan tercatat ada 109.031 KPM. Setiap bulan mereka mendapatkan bantuan Rp 110 ribu. Namun, hanya dapat ditukar dengan beras atau telur. Jika tidak diambil, dipastikan tidak akan hangus karena terakumulasi. Bila terlambat dipastikan haknya juga akan diterima. (eka/rud)