alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Kademangan Mencari Bakat Gebyarnya Tak Boleh Berhenti meski Puncak Acara Berakhir

KADEMANGAN, Radar Bromo – Ajang Kademangan Mencari Bakat (KMB) mencapai puncaknya, Senin (25/11) malam. Acara yang dihelat Kantor Kecamatan Kademangan yang bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo tersebut berlangsung meriah sampai acara berakhir.

Antusiasme penonton maupun peserta juga tinggi. Dari segi peserta, KMD ini juga menyedot animo. Betapa tidak, event yang bertujuan untuk mencari seniman-seniman berbakat dari Kecamatan Kademangan, sudah ramai dari awal. Itu, terlihat saat proses pendaftaran yang dilakukan sejak tanggal 4-12 November. Total ada 65 pendaftar yang terdiri atas 20 pendaftar grup dan 45 pendaftar perorangan.

Dalam puncak KMB Senin lalu, ada 6 peserta grup terbaik dan 6 peserta perorangan terbaik yang tampil. Ke-12 peserta ini menampilkan beragam kesenian baik kesenian modern dan kesenian tradisional.

Enam peserta grup yang tampil antara lain dari Padepokan 22 Kelurahan Triwung Lor; Sinar Budaya dari Kelurahan Kademangan; Al Musyassaroh dari Kelurahan Kademangan; Al Hasani dari Kelurahan Kademangan; Serut Angker dari Kelurahan Pohsangit Kidul; Azzafir dari Kelurahan Ketapang.

Sedangkan untuk kategori perorangan antara lain Endriana Fayza dari Kelurahan Kademangan; Dhanial Fahira Yasmin dari Kelurahan Kademangan; Mahdafika Fathul dari Kelurahan Pilang; Panji Asmara Puasa dari Kelurahan Pilang; Jayanti Bertari dari Kelurahan Kademangan; dan Yuyun Dewi Rahayu dari Kelurahan Pohsangit Kidul.

Dalam sambutannya, Camat Kademangan Pujo Agung Satrio menjelaskan, tujuan kegiatan KMB adalah untuk penggalangan seni budaya untuk persiapan dalam rangka kegiatan APEKSI dan Semipro tahun 2020. “Dari sini kami menemukan bakat potensi diri dan kelompok di wilayah Kecamatan Kademangan. Kegiatan ini juga ingin menyampaikan pentingnya kerja keras untuk mencapai sesuatu,” ujarnya.

SENANG: Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersama Camat Kademangan Pujo Agung Satrio (empat dari kanan) saat ikut menyerahkan hadiah kepada para pemenang Kademangan Mencari Bakat. (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Warga Kademangan antusias dengan kegiatan ini. Terlihat dari jumlah pendaftar yang terdiri atas 20 grup dan 45 peserta perorangan. Setelah melalui tahap seleksi, akhirnya terpilih 12 peserta terbaik yaitu 6 grup dan 6 perorangan.

Acara puncak KMB ini dibuka Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati. Dalam sambutannya, Ninik mengapresiasi gelaran positif yang dilakukan KMB untuk menggali bakat-bakat seni warga Kecamatan Kademangan.

“KMB melatih keberanian dan percaya diri, mengajarkan etos kerja keras,” ujar Ninik. Selain itu, KMB bisa memunculkan bakat-bakat baru dalam hal menyanyi, drama, teater, pantomim, yang suatu saat bisa ditampilkan dalam event 2020 dalam APEKSI ataupun Semipro 2020.

Acara ini dihadiri sejumlah pejabat dan perwakilan OPD. Seperti terlihat Camat Wonoasih Deus Wanandi; Pimpinan Cabang Bank Jatim Kota Probolinggo Wawan Budi R; Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo; Kapolsek Kademangan Kompol Toyib Subur; perwakilan OPD serta lurah se-Kecamatan Kademangan.

Dalam acara tersebut juga diumumkan nama-nama pemenang KMB baik kategori grup dan perorangan.

DELAPAN LAGU: Penampilan Dyah Novia di KMB. (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

 

Kategori grup adalah juara 1 Azzafir tampilan musik modern (Kelurahan Ketapang); juara dua Sinar Budaya menampilkan Jaran Bodhag (Kelurahan Kademangan); juara tiga Hadrah Al Musyassaroh dari Kelurahan Kademangan; Harapan 1 Hadrah Al Hasani dari Kelurahan Kademangan; Harapan 2 Padepokan 22 dengan tampilan menari (Kelurahan Triwung Lor); dan Harapan 3 diraih Teater Serut Angker dari Kelurahan Pohsangit Kidul.

Sedangkan kategori perorangan dimenangi bakat bermain keyboard oleh Mahdafika Fathul dari Kelurahan Pilang; disusul bakat menari yang dimiliki Yuyun Dewi Rahayu dari Kelurahan Kademangan; juara 3, seni tari Endriana Fayza dari Kelurahan Kademangan. Untuk Harapan 1, permainan musik kecapi Panji Asmara Puasa; harapan 2, Jayanti Bertari dengan menyanyi dari Kelurahan Kademangan; dan harapan 3, Dhanial Fahira Yasmin menyanyi dari Kelurahan Kademangan.

Sementara itu, meskipun sedang sibuk dengan kegiatannya, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menyempatkan hadir dalam kegiatan KMB. Bahkan, Wali Kota ikut menyerahkan piala kepada para pemenang.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin mengucapkan selamat kepada para pemenang KMB. Dia berharap bisa mempertahankan prestasi dan meningkatkan di masa mendatang. “Ini sangat membanggakan, kita bisa memunculkan bakat seni dari warga di masing-masing kelurahan,” ujarnya.

Untuk memeriahkan acara KMB, juga dihadirkan bintang tamu Dyah Novia yang menampilkan 8 lagu untuk menghibur masyarakat yang menyaksikan KMB. Penampilannya juga memukau penonton yang ikut hadir selama acara. (put/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU