Permintaan Daging Ayam di Kota Probolinggo Terkerek Hajatan

KANIGARAN, Radar Bromo – Banyaknya kegiatan hajatan membuat permintaan daging ayam di Kota Probolinggo meningkat. Bahkan, peningkatannya hampir lipat dua dibanding hari-hari biasa.

“Kalau setelah Idul Adha permintaan daging ayam bertambah. Itu wajar, soalnya banyak orang yang mengadakan hajatan,” ujar pedagang ayam di Pasar Baru Kota Probolinggo Siti Masliah, 40, Senin (27/8).

Menurutnya, pada hari-hari biasanya, penjualan cenderung tetap dengan rata-rata 1-2 kuintal daging ayam per hari. Dengan adanya kegiatan hajatan, bisa sampai 3-4 kuintal daging ayam. “Saya juga sering menerima pesanan dari pengusaha katering. Mereka ini yang pesan banyak,” ujarnya.

Di sisi lain, meningkatnya permintaan daging ayam karena harganya cenderung turun. Saat ini harganya Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan, beberapa pekan lalu harganya Rp 32 ribu per kilogram.

Meningkatnya permintaan daging ayam juga dirasakan Sulasmi, pedagang daging ayam Pasar Baru. “Lumayan banyak kalau bulan-bulan seperti ini. Terutama dari pesanan katering yang banyak untuk acara pernikahan,” ujarnya.

Dalam sekali pesanan dari usaha katering, bisa memesan 1 kuintal daging ayam segar. Sedangkan dari pembeli pasar rata-rata hanya 1 kuintal per hari. “Sekarang ini bisa jual sampai 5 kuintal daging ayam. Dengan tambahan pesanan dari orang-orang yang mengadakan hajatan,” ujarnya. (put/rud)