Mengering, Pohon Perindang Taman Tugu 45 Dikepras

PANDAAN, Radar Bromo – Sejumlah pohon perindang di Taman Tugu 45, di Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, dikepras. Karenanya, suasana taman yang biasanya sejuk, kini terasa panas.

Ternyata, ranting pohon perindang itu sengaja dikepras oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan. Alasannya, sejumlah ranting pohon terlihat mengering dan mengganggu kabel listrik.

“Pemeliharaan dan perawatan tamannya beberapa hari lalu kami lakukan di Taman Tugu 45. Berupa pengecatan dan pengeprasan pohon perindangan,” ujar Kabid Tata Lingkungan DLH Kabupaten Pasuruan Tri Marhendra, Senin (26/8).

Menurutnya, tanaman perindangan itu dikepras karena daun dan rantingnya banyak yang mengering. Serta, mengganggu kabel listrik. Namun, pengeprasannya tidak sampai memotong semua pohon secara keseluruhan. Melainkan, hanya bagian ranting.

“Ini harus kami lakukan. Jika tidak, pohon perindangannya malah akan mati. Jadi, sekalian dikepras. Sampai sekarang masih hidup dan saat musim hujan akan lebat lagi,” ujarnya. (zal/rud)