alexametrics
31 C
Probolinggo
Wednesday, 28 October 2020

Hanya 62,7 Persen Aktif Bayar Iuran BPJS Kesehatan

PASURUAN, Radar Bromo – Sejauh ini, belum semua warga Pasuruan dan Probolinggo menjadi peserta BPJS Kesehatan. Meski sudah mendaftar, ternyata tidak semua peserta rutin membayar iurannya. Bahkan, sejauh ini hanya 62,7 persen kepesertaan bukan penerima upah (BPU) yang rutin membayar iuran.

Humas BPJS Kesehatan Pasuruan Achmad Zammanar Azam mengatakan, kepesertaan BPJS Kesehatan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya di-cover Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

Serta, kelompok non-PBI yang dibagi lagi menjadi penerima upah (PU) seperti karyawan swasta, PNS, TNI Polri, dan BPU yang tidak mempunyai gaji tetap dan bukan pekerja (BP). Seperti pensiunan, investor, sampai pejabat negara. “Untuk peserta PBI, karena menerima bantuan iuran dari pemerintah, dipastikan kepesertaannya langsung ter-cover dan dibiayai pemerintah,” ujarnya.

Sedangkan untuk non-PBI cukup beragam. Tercatat untuk penerima upah, karena menerima gaji tetap dan iuran dikelola perusahaan atau lembaga, pembayaran iurannya cukup lancar. Sedangkan, BPU iurannya masih tergolong minim.

Bahkan, dari 252.766 peserta, tercatat hanya 62,7 persen yang aktif membayar. Penyebabnya beragam. Selain masih kurang kesadaran, juga ada faktor tidak merasa butuh saat tidak sakit. “Biasanya karena baru mendaftar saat sakit dan setelah ter-cover tidak melanjutkan. Ini yang membuat ada peserta yang tidak rutin membayar iuran,” ujar Achmad.

BPJS Kesehatan sendiri tidak menyulitkan peserta untuk membayar. Bisa di Kantor BPJS Kesehatan atau pihak lain yang menyediakan jasa pembayaran BPJS Kesehatan. Termasuk ada kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Pasuruan-Probolinggo. Jumlahnya mencapai 60 kader. Mereka rutin keliling ke warga agar bisa membayar iuran.

Sedangkan, jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Pasuruan-Probolinggo, sejauh ini ada 2.466.119 jiwa. Jumlah ini tercatat pada pertengahan 2019. Pihaknya berharap, ada kesadaran dari masyarakat untuk ikut rutin membayar iuran. Agar peserta yang menunggak tidak mengalami masalah saat akan berobat ketika sakit. (eka/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pasutri asal Trajeng Terserempet Truk saat Menyalip, Sang Istri Tewas

Diduga penyebab laka karena pengendara motor tidak memiliki ruang gerak yang cukup saat hendak menyalip dump truck.

Mulai Bersihkan Sungai Kawasan Hutan untuk Antisipasi Bencana

Mitigasi bencana banjir dan longsor menjelang musim hujan gencar dilakukan sejumlah pihak. Termasuk Cluster Tretes Perhutani.

Petakan Pohon Rimbun – Lapuk di Jalan Kab Probolinggo

Hujan mulai turun di beberapa wilayah Kabupaten Probolinggo. Dinas PUPR bergegas melakukan pemetaan ruas jalan kabupaten yang memiliki pohon rimbun dan lapuk.

Tegaskan Proyek PRIM Harus Selesai Awal November

Bahkan, dipastikan tidak ada perpanjangan waktu pengerjaan.

2 Hari, 2 Motor Dicuri saat Parkir di Masjid Baitul Anwar Gading

Selama dua hari, dua motor hilang di parkir masjid tersebut.