alexametrics
30 C
Probolinggo
Tuesday, 1 December 2020

Pemkot Cari Investor Kembangkan Wisata di Kota Probolinggo

KANIGARAN, Radar Bromo – Pemkot Probolinggo berencana mengembangkan wisata baru di kota. Untuk merealisasikan hal itu, pemkot bahkan berupaya mencari investor.

“Saat ini kami berusaha mencari investor untuk mengembangkan destinasi wisata di Kota Probolinggo. Ada lahan seluas 28 hektare yang bisa dikembangkan untuk destinasi wisata,” terang Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Rencana mengembangkan wisata baru, salah satunya karena selama ini kota hanya dikenal sebagai tempat transit bagi wisatawan yang akan menuju Gunung Bromo. Mereka biasanya hanya sebentar di kota, kemudian menuju Gunung Bromo.

Politisi PKB ini optimistis adanya wahana wisata baru bisa menarik wisatawan untuk tinggal lebih lama di Kota Probolinggo. Jika sebelumnya hanya transit, diharapkan mereka bisa tinggal dan berkunjung di kota.

“Seperti Utama Raya, wisata di dekat Besuki. Wisata ini kan ramai. Kami optimistis keberadaan destinasi wisata baru ini bisa menarik wisatawan datang ke Kota Probolinggo,” ujarnya.

Saat ini salah satu potensi wisata yang mulai dikembangkan di kota adalah Pantai Permata di Pilang. Upaya yang telah dilakukan seperti pelebaran jalan menuju Pantai Permata.

Pertimbangan lain mengembangkan wisata baru karena sektor perdagangan dan jasa masih mendominasi perkembangan ekonomi di Kota Probolinggo. Salah satunya yaitu jasa pariwisata.

Wali Kota mengungkap hal itu dalam pertemuan dengan dengan pelaku usaha di Kota Probolinggo beberapa hari lalu. Menurutnya, perkembangan ekonomi di kota masih didominasi oleh sektor perdagangan dan jasa.

Berdasarkan data statistik Kota Probolinggo, usaha perdagangan eceran, reparasi mobil, dan reparasi motor mendominasi sektor usaha. Jumlahnya mencapai 25,63 persen.

Yang kedua yaitu industri pengolahan sebesar 15,19 persen. Lalu, sektor transportasi dan pergudangan mencapai 13,49 persen.

Wali kota bahkan menyebut, akan ada pengembangan kawasan pelabuhan melalui proses reklamasi laut seluas 1.000 hektare. “Dari reklamasi ini akan digunakan untuk pendirian pergudangan yang bisa berdampak pada pelaku usaha,” ujarnya. (put/hn/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dari 5 Pendonor, Hanya Dapat 3 Plasma Konvalesen

Dari 20 calon donor plasma konvalesen di Kabupaten Probolinggo, hanya 5 calon donor yang lolos screening. Namun, dari 5 calon donor itu hanya 3 orang yang diambil plasma konvalesennya.

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk Sekolah Zona Hijau-Kuning

Pemkab Probolinggo memastikan mengikuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk memulai pembelajaran tatap muka pada 2021.

Rusak, Rehab Jalan Gununggangsir-Karangrejo Diusulkan Tahun Depan

Kondisi ruas jalan di Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji tersebut alami kerusakan.

Tahap Awal Penjurian Kampung Hebat Sudah Ketat

Selanjutnya akan dipilih nominator terbaik untuk melakukan presentasi dan kunjungan lapangan.

Bunda PAUD Hadiri Pelantikan Pengurus Himpaudi Kab Pasuruan

Sebanyak 14 Anggota pengurus daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Pasuruan masa bhakti 2019 – 2023, resmi dilantik.