alexametrics
25.1C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Api Sudah Padam, Tapi Pendakian Argopuro Masih Ditutup

KRUCIL,Radar Bromo – Kebakaran di Gunung Argopuro, sudah dinyatakan padam total. Namun, Masyarakat Peduli Api (MPA) terus bergantian naik gunung untuk memastikan tidak ada lagi kebakaran.

Hal itu diungkapkan salah seorang Penjaga Pos Pendakian Gunung Argopuro di Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Arifin. Menurutnya, api telah padam dan para pendaki yang sebelumnya terjebak telah dievakuasi. “Sudah padam total. Tidak ada lagi titik api di Gunung Argopuro. Para pendaki juga sudah turun semua,” ujarnya.

Menurutnya, meski telah sepenuhnya dinyatakan padam, setiap hari warga yang tergabung dalam MPA rutin naik gunung. Tujuannya, untuk memastikan tidak ada api lagi. “Kemungkinan menyala tipis. Karena bahan bakarnya sudah habis. Tetapi, kami tetap berusaha memastikan tidak ada lagi yang terbakar,” ujarnya.

Dampak kebakaran ini, jalur pendakian menuju ke Gunung Argopuro masih ditutup. Alasannya, demi keamanan para pendaki karena jalurnya dilalap api. “Masih ditutup. Kami belum tahu kapan akan dibuka. Mungkin menunggu kawasan itu steril,” ujar Arifin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Minggu-Selasa (20-22/10), terjadi kebakaran hebat di lereng Gunung Argopuro. Kebakaran itu diperkirakan menghanguskan lahan Perhutani RPH Krucil dan RPH Pakuniran serta lahan BKSDA, yang mencapai sekitar 300 hektare.

Kebakaran ini diklaim paling parah sejak tiga tahun terakhir. BKSDA mengklaim, kebakaran di wilayahnya hanya sekitar 20 hektare. Sedangkan, Perhutani belum bisa memastikan luas lahan yang terbakar. Syukur kebakaran ini sudah padam, namun pendakian menuju Gunung Argopuro masih ditutup. (sid/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU