Bangun Jembatan di Sisi Barat Perpustakaan Sekargadung, Anggarannya Segini

SEMAKIN DILENGKAPI: Gedung perpustakaan dan arsip di Sekargadung. Pemkot akan membangunkan jembatan di sisi barat gedung ini, untuk mempermudah akses pengunjung. (Mokhammad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO – Masyarakat Kota Pasuruan bakal semakin nyaman saat berkunjung ke Gedung Perpustakaan di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo. Pasalnya, Pemkot berencana membangun jembatan penghubung di sisi barat gedung yang baru diresmikan awal 2018 lalu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan, Evawati mengungkapkan pembangunan jembatan ini digunakan untuk memudahkan masyarakat yang hendak ke Gedung Perpustakaan. Sehingga, mereka tidak perlu memutar ke sisi utara Gedung.

“Selama ini pengunjung dari arah selatan harus memutar dan masuk melalui pintu utara. Jembatan ini untuk memudahkan akses masuk ke Gedung Perpusatakaan,” kata Eva-sapaan akrabnya.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan, Akung Novajanto membenarkan adanya rencana pembangun jembatan di sisi barat Gedung Perpustakaan. Pembangunannya dialokasikan Rp 300 juta dari perubahan APBD (P-APBD) 2018.

Jembatan ini bakal dibangun dengan ukuran lebar 5 meter dan panjang 7 meter. Sehingga, kendaraan roda empat juga bisa melewati jembatan ini. Selain itu, PUPR juga bakal membangun jalan paving mulai dari jembatan kea rah utara sepanjang 150 meter.

Akung mengaku pengerjaannya masih menunggu pengesahan P-APBD 2018 terlebih dahulu. Selanjutnya, PUPR bakal melakukan tahap perencanaan. Nantinya pengerjaannya bakal dilakukan dalam satu item, sehingga bakal dilelang untuk menentukan pelaksananya.

“Seperti biasa kami akan lelang dahulu. Namun Insya Allah, pengerjaannya dapat dilakukan tepat waktu. Sehingga sebelum tahun anggaran 2018 berakhir sudah rampung,” ungkap Akung. (riz/fun)