alexametrics
25.1 C
Probolinggo
Monday, 30 November 2020

Gagal Bergabung Fraksi Gede, PPP Kota Probolinggo Merapat ke PKB

KANIGARAN – Rencana dua anggota DPRD Kota Probolinggo dari PPP untuk bergabung dengan Fraksi Gerindra-Demokrat (Gede), dipastikan batal. Kini, kedua politisi partai berlambang Kakbah itu merapat ke Fraksi PKB.

Bahkan, PPP sudah mengajukan pencabutan surat yang sebelumnya dilayangkan ke Fraksi Gede. “Anggota DPRD dari PPP sudah mengajukan pencabutan terhadap surat sebelumnya yang mengajukan penggabungan dengan Fraksi Gede. Kemudian, surat untuk bergabung ke fraksi baru sudah masuk ke Ketua (Ketua DPRD). Informasinya akan merapat ke Fraksi PKB,” ujar Wakil ketua I DPRD Kota Probolinggo Muchlas Kurniawan.

Disinggung mengenai ketidakhadiran anggota DPRD dari PPP dalam sejumlah agenda paripurna, Muchlas memastikan, bahwa mereka wajib hadir dalam agenda paripurna. “Meski belum tergabung dalam fraksi baru, tetap harus hadir dalam rapat paripurna. Karena keduanya merupakan anggota DPRD,” ujarnya.

Politisi Golkar ini menegaskan, bahwa tidak hadirnya kedua anggota dari PPP ini menjadi catatan bagi pimpinan DPRD untuk menindaklanjutinya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, dalam sejumlah agenda rapat paripurna DPRD, kedua anggota dari PPP tidak terlihat hadir. Seperti dalam rapat paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Nota Penjelasan Mengenai Raperda RPJMD dan Raperda Perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal yang sama juga terjadi dalam rapat paripurna dengan Agenda Jawaban Eksekutif Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 pada Sabtu (22/6) pagi dan malam. Anggota DPRD dari PPP Robit Rijanto membenarkan rencana PPP bergabung dengan PKB.

Menurutnya, surat dari PKB ke pimpinan DPRD terkait penggabungan ini sudah masuk sejak Rabu (19/6) lalu. “Memang betul kami merapat ke PKB. Surat untuk penggabungan fraksi sudah masuk sejak Rabu lalu. Namun, belum pasti kapan akan dilakukan rapat paripurna pengesahan penggabungan fraksi,” ujar Robit.

Namun, kepastian ini hanya untuk penggabungan fraksi. Sedangkan, adanya perubahan di alat kelengkapan dewan (AKD) belum pasti. “Kalau di Banmus (Badan Musyawarah) atau komisi, Insyaallah tidak berubah. Namun, untuk di Badan Kehormatan (BK) biasanya ada pemilihan kembali. Apakah nanti surat dari Fraksi PKB akan mengubah komposisi di BK atau tidak, itu belum pasti,” ujarnya.

Fraksi PKB juga membenarkan rencana bergabungnya dua anggota DPRD dari PPP. “Betul. PPP setelah mencabut bergabung dengan Fraksi Gede, mengajukan permohonan bergabung dengan PKB,” ujar Ketua Fraksi PKB Ali Muhtar.

Kabar ini juga sudah sampai ke DPC PKB Kota Probolinggo. Ketua DPC PKB Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengaku, tidak keberatan dengan rencana bergabungnya PPP dalam Fraksi PKB. Menurutnya, proses persetujuan penggabungan dua anggota PPP itu telah dilakukan sejak seminggu lalu. “Surat dari Fraksi PKB sudah masuk. Tinggal menunggu paripurna,” ujarnya. (put/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Motor Dicuri di Halaman Minimarket di Pohjentrek

Diduga, komplotan pelaku beraksi dengan modus menukarkan uang di kasir.

Mau Rujakan, Motor Warga Banyuanyar Raib saat Ditinggal Ambil Mangga

­Aksi pencurian motor semakin merajalela. Setelah terjadi di Leces beberapa waktu lalu, aksi pencurian motor bergeser ke Kecamatan Banyuanyar.

Mobil Brio Tertabrak Sri Tanjung, Sopirnya asal Muneng Selamat

Mega Ratu, 27, lolos dari maut. Betapa tidak, warnita asal Desa Muneng itu, masih bisa selamat, walau mobilnya tertabrak kereta api di perlintasan Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Profesional, Kolaborasi-Pemasaran Digital Bantu Dongkrak Produk Lokal

Meski kondisi sulit, beberapa UMKM masih mampu bertahan. Bahkan, berkembang dengan sejumlah inovasi.

Rem Blong, Truk Nyemplung Parit-Sasak Pagar Pabrik di Pandaan

Gara-gara remb blong, sebuah truk boks bernopol L 8466 UX hilang kendali di jalan Malang-Surabaya