Kelurahan Pohjentrek Bentuk Pokdarwis untuk Angkat Destinasi Wisata

WISATA KALI ROGOETAN: Kelurahan Pohjentrek juga memiliki destinasi wisata yang dibuat dari swadaya masyarakat yang mempercantik tepi sungai dengan warna-warni cat, yaitu wisata Kali Rogoetan. Kondisi sungai yang dulunya kotor kini mengalami banyak kemajuan dan indah. (Kelurahan Pohjentrek for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di antaranya, makam Untung Suropati, Kampung Budaya Mancilan, dan Wisata Warung Kali Rogoetan. Untuk mempromosikan potensi wisata tersebut Pemerintah Kelurahan Pohjentrek membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)

————–

Aliran sungai yang megalir di RT 2 dan RT 3/RW 3, Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, kondisinya dulu kotor. Sampah-sampah yang terbawa arus ditambah dengan WC diatas sungai alias WC helikopter. Hal itu yang kemudian menjadi perhatian Pemerintah Kelurahan Pohjentrek. Perlahan-lahan beberapa kebiasaan buruk warga coba untuk diubah lewat cara pendekatan dan sosialisasi program kebersihan lingkungan.

Setelah sekitar satu tahun upaya tersebut dilakukan, kini kondisi tepian sungai di sana mengalami perubahan signifikan. Warga yang swadaya mengecat dan mempercantik tepian sungai kemudian berhasil menciptakan potensi wisata baru yaitu Wisata Warung Kali Rogoetan.

FESTIVAL KAMPUNG BUDAYA: Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo,S.T, bersama Kepala Bappelitbangda Kota Pasuruan, dan Lurah Pohjentrek, dalam peresmian Festival Kampung Budaya Mancilan. Kampung Budaya Mancilan merupakan salah satu destinasi wisata di Kelurahan Pohjentrek yang memiliki nilai sejarah. (Kelurahan Pohjentrek for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Lurah Pohjentrek Dwi Agus Wibisono,S.Sos, mengatakan, sosialisasi dan imbauan agar warga tidak membuang sampah ke sungai dan menghentikan kebiasaan BAB di sungai, terus dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Pohjentrek. “Sosialisasi dan imbauan tidak henti-henti kami lakukan untuk mengajak warga hidup sehat dan bersih. Dan, Alhamdulillah sekarang kondisi sungai jauh lebih baik. Sehingga, kami mendukung potensi wisata Warung Kali Rogoetan tersebut,” ujar Agus saapan akrabnya.

Selain tengah mengembangkan potensi wisata Warung Kali Rogoetan, Pemerintah Kelurahan Pohjentrek, Kecamatan Purworejo, juga mendukung pengembangan potensi wisata lainnya. Yaitu makam Untung Suropati dan Kampung Budaya Mancilan.

Sebagaimana diketahui, Mancilan dulunya merupakan nama sebuah dusun yang berada di Kelurahan Pohjentrek, yang memiliki keunikan dan cerita sejarah. Konon, Untung Suropati Pahlawan Nasional pernah singgah di dusun tersebut. Maka, tidak heran jika kemudian Mancilan memiliki sejarah dan tradisi panjang dalam olah kanugaran yang dikenal Pencak Mancilan.

Beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Pasuruan, telah meresmikan Mancilan sebagai Kampung Budaya. Festival Kampung Budaya Mancilan yang diselenggarakan Pemkot Pasuruan tersebut diikuti sebanyak 27 padepokan ranting pencak silat Kuntu Mancilan.

“Kami kemudian membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang kami berikan edukasi dan harus paham sejarah wisata di sini. Sehingga, saat mereka mempromosikan potensi wisata di sini, mereka tidak bingung saat ada yang bertanya tentang sejarah Untung Suropati, misalnya,” terang Agus. (lel/*)

 

Dukung Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di lingkungan masyarakat sangatlah penting. PKK berperan memberdayakan keluarga dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas keluarga dalam aspek kesehatan, akhlak, iman serta perilaku. Salah satu upaya peningkatan kesejahteraan keluarga diantaranya dapat diwujudkan melalui perintisan Usaha Kecil Menengah (UKM), pembinaan KRPL, dan kegiatan lainnya

DUKUNG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: Lurah Pohjentrek Dwi Agus Wibisono,S.Sos (enam dari kiri), beserta staf berkomitmen memberikan dukungan untuk program pemberdayaan masyarakat. (Kelurahan Pohjentrek for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Sejumlah kegiatan berbasis pemberdayaan ekonomi menjadi perhatian Pemerintah Kelurahan Pohjentrek. Sekretaris Lurah Pohjentrek Rafli Sandho Laksana, S.AB, mengatakan, beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat lwat tim penggerak PKK seperti pembuatan kue, pembinaan KRPL Arum Manis, pengenalan makanan khas Kelurahan Pohjentrek yaitu Tahu Campur dan Es Jamu Belik Mbak Khunah.

EKONOMI MANDIRI: Kegiatan pelatihan pembuatan kue dan pembinaan KRPL menjadi salah satu program untuk menciptakan ekonomi mandiri dan pemberdayaan UKM. (Kelurahan Pohjentrek for Jawa Pos Radar Bromo)

 

“Di sini ada makanan dan minuman khas yang selalu kami sajikan jika ada tamu dari luar berkunjung. Sebagai salah satu upaya pemberdayaan ekonomi warga juga,” ujar Rafli.

Rafli melanjutkan, pada hakikatnya 10 program pokok PKK merupakan ruh dari PKK yang menjadi bagian tak terpisahkan dengan pemberdayaan masyarakat. “Pemberdayaan masyarakat lewat kegiatan PKK kami harapkan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pemberdayaan usaha mikro. Sekaligus mengasah kepedulian terhadap pengelolaan lingkungan yang bersih, sehat, indah dan nyaman dengan menerapkan perilaku hidup yang bersih dan sehat (PHBS),” paparnya. (lel/*)

 

Prestasi Kelurahan Pohjentrek

  1. Juara I Hatinya PKK Tingkat Kecamatan Purworejo
  2. Juara Harapan II Hatinya PKK Tingkat Kota Pasuruan
  3. Juara I Pelaksana Terbaik Lomba Kelurahan Berkembang Tingkat Kecamatan Purworejo