Target Pajak Hotel Naik Setengah Miliar Rupiah usah Perubahan

PASURUAN – Target perolehan pajak dari hotel di Kabupaten Pasuruan tahun ini Rp 6,9 miliar belum tercapai. Namun, kini targetnya dinaikkan Rp 0,5 miliar menjadi Rp 7,4 miliar.

Kabid Pendataan, Penetapan, dan Pelaporan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan Mokhammad Syafi’i mengatakan, sampai triwulan ketiga atau akhir September lalu, penerimaan pajak hotel sudah cukup baik. “Dari target awal Rp 6,9 miliar, realisasinya sudah mencapai Rp 6,3 miliar. Ini, berarti realisasi sudah mencapai 90,74 persen dari target,” ujarnya.

Karena masih ada waktu 3 bulan sebelum tutup tahun, akhirnya pada Perubahan APBD 2018, ada perubahan target perolehan pajak hotel. Target yang semula hanyar Rp 6,9 miliar dinaikkan Rp 0,5 miliar menjadi Rp 7,4 miliar.

Syafi’i mengatakan, pajak hotel ini memang memiliki potensi penerimaan yang cukup bagus. Bahkan, dalam 2 tahun terakhir penerimaannya selalu melebih target. Pada 2016 dari target Rp 5,6 miliar tercapai Rp 6 miliar. Tahun kemarin, dari target Rp 5,8 miliar terealiasi Rp 7,057 miliar.

“Melihat tren kenaikan realisasi setiap tahunnya dan sampai saat ini penerimaan sudah 90 persen, sehingga target pajak hotel dinaikkan menjadi Rp 7,4 miliar,” jelasnya.

BKD Kabupaten Pasuruan optimistis kenaikan target ini tetap bisa tercapai. Meski hanya tersisa 3 bulan sebelum tutup tahun, namun dipastikan akan terdongkrak dengan musim liburan di akhir tahun. Baik liburan sekolah, Natal, dan liburan tahun baru. (eka/fun)