alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Tiga Jaringan Irigasi Belum Rampung Dinormalisasi

BANGIL – Menjelang akhir tahun, program normalisasi 81 jaringan irigasi di Kabupaten Pasuruan, belum tuntas. Sejauh ini, masih ada tiga jaringan irigasi yang belum rampung digarap.

Tiga jaringan irigasi itu tersebar di tiga titik. Meliputi, jaringan irigasi di Kecamatan Rejoso; jaringan irigasi di Kalipuro, Kecamatan Bangil; serta Kali Kendal, di Kecamatan Beji.

Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka mengatakan, proses normalisasi jaringan irigasi terus dilakukan untuk mengejar target. “Prosesnya masih jalan. Ada beberapa jaringan irigasi yang belum rampung sepenuhnya,” ujarnya.

Hanung mengatakan, tahun ini Pemkab Pasuruan menarget bisa menormalisasi 81 jaringan irigasi. Puluhan jaringan irigasi itu tersebar di sejumlah wilayah. Dari jumlah itu masih tersisa tiga titik. “Jaringan yang belum rampung itu kami upayakan bisa segera selesai,” ujarnya.

Menurutnya, ada sejumlah kendala yang membuat pelaksanaan normalisasi itu tak cepat rampung. Di antaranya, sulitnya medan dan dipengaruhi timbunan sampah serta bangunan di sempadan sungai. “Kendala-kendala itulah yang membuat proses normalisasi terganggu,” ujarnya.

Namun, Hanung mengaku, menargetkan proses normalisasi ini tuntas pada 28 Desember. Ia mengaku optimistis bisa menyelesaikannya sesuai target. “Waktu yang tersisa akan kami optimalkan untuk menyelesaikan tanggungan,” janjinya.

Seperti disampaikan Hanung, normalisasi itu dilakukan untuk mengembalikan fungsi jaringan irigasi. Supaya aliran air ke lahan pertanian warga bisa lancar. Sehingga, mendorong produktivitas hasil pertanian. (one/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU