Museum Pasuruan Pinjam-Pakai 23 Benda Cagar Budaya, Ini Diantaranya

PANDAAN – Koleksi benda cagar budaya di Museum Kabupaten Pasuruan, terus bertambah. Terbaru ada 23 benda cagar budaya dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Namun, sejumlah benda hanya berstatus pinjam-pakai.

“Sejumlah 23 benda cagar budaya itu kami pinjam-pakai dari BPCB Jatim. Pengajuannya pertengahan tahun kemarin dan baru terealisasi sekarang,” ujar Kepala Bidang Seni dan Budaya Disparbud Kabupaten Pasuruan Nurul Hudayati.

Benda cagar budaya dari BPCB Jatim itu berupa arca, patung, yoni, serta sejumlah barang lainnya. Barang-barang yang materialnya berupa batu itu, selama ini tersimpan di gudang Candi Jawi, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen.

“Dengan 24 item yang sudah ada dan milik sejumlah kolektor, total barang benda cagar budaya menjadi 47 item. Semuanya akan dipajang saat museum ini operasional yang direncanakan tahun depan. Sekarang proses desain ruangannya,” ujarnya.

Di sisi lain, Arkeolog sekaligus Pengkaji Pelestarian Cagar Budaya dari BPCB Jatim Nugroho mengaku, senang 23 barang itu kini menjadi koleksi Museum Kabupaten Pasuruan. “Daripada tersimpan di gudang mending dipajang di museum. Sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi tentang sejarah bagi para pengunjung,” ujarnya. (zal/fun)