Tiga Nama Calon Sekda Kota Probolinggo Diserahkan ke Wali Kota

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Tahapan seleksi calon sekretaris daerah (sekda) Kota Probolingo terus dilakukan. 10 calon yang dinyatakan lulus secara administrasi menjalani tahapan adu gagasan dan uji makalah. Kini, sudah ada tiga nama yang siap disodorkan kepada Wali Kota.

Kepala BKPSDM Kota Probolinggo Racmadeta Antariksa mengatakan adu gagasan dan uji makalah dirampungkan Rabu (23/10). Karenanya, Kamis (24/10), ada tiga nama dengan nilai tertinggi yang akan disodorkan kepada Wali Kota.

“Hari ini (23/10) terakhir. Besok (24/10) sudah ada tiga nama yang disodorkan kepada Wali Kota. Selanjutnya, itu hak prerogatif Wali Kota untuk memilih dari tiga nama dengan nilai tertinggi,” ujarnya.

Disinggung bila tiga nama yang diajukan tidak cocok dengan Wali Kota, Deta menegaskan, Wali Kota tidak bsia menolak. Misalnya, sudah ada satu nama, namun tidak masuk dalam tiga nilai tertinggi, nama itu tidak bisa diusung menjadi sekda. “Wali Kota tidak bisa menolak dari tiga nama yang telah disodorkan sesuai hasil asesmen,” jelas Deta.

Selain itu, Wali Kota juga harus mengetahui betul setiap orang yang akan dijadikan sekda. Sebab, nilai hasil asesmen bukan segalanya. Ada yang mahir saat ujian hingga memiliki nilai tinggi, namun praktiknya kurang bagus saat di lapangan.

“Seperti teman saya yang pintar-pintar, sekarang tidak jadi apa-apa. Sebab, meski pintar dia tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Atau kurang bagus saat di lapangan,” ujarnya. (rpd/rud)