Jalan Jimbaran Puspo Rusak Parah, Dijanjikan Perbaikan Tahun Depan

PUSPO, Radar Bromo – Warga yang melintas di jalur Jimbaran, Puspo ke arah Tosari harus lebih berhati-hati. Sebab, ruas jalan setempat kondisinya rusak parah.

Kondisi itu pun dikeluhkan warga setempat. Sebab, ruas jalan yang rusak itu merupakan akses utama warga sekitar untuk ke pasar, bekerja, ataupun ke sekolah.

Dari pantauan Radar Bromo, kondisi jalan yang rusak sudah terasa di Desa Jimbaran, Kecamatan Puspo, menuju ke Desa Sedaeng di Kecamatan Tosari. Di Desa Jimbaran sampai ke Keduwung dimana jalan terasa bergelombang.

Sedangkan di Dusun Wonokoyo, Desa Sedaeng, Tosari dan Dusun Winong, kondisi aspal jalan bahkan sudah mengelupas. Sehingga, yang tersisa tinggal bebatuan yang cukup membahayakan jika musim hujan lantaran licin.

Kartono, 32, warga Pusungmalang, Puspo mengatakan, akses jalan dari Jimbaran ke Tosari ini merupakan akses utama bagi warga masyarakat. “Baik yang ke ladang, sekolah, ataupun ke pasar semua warga sekitar lewat sini. Jadi, ya cukup sulit karena jalannya rusak parah,” terangnya.

Harapannya ada perhatian dari Pemkab Pasuruan agar jalan kabupaten ini segera ada perbaikan. Ini, lantaran seingatnya perbaikan jalan sudah cukup lama dilakukan sekitar 5 tahun lalu.

Cahyo Fajar, kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan mengatakan, perbaikan jalan di Desa Jimbaran dipastikan akan masuk dalam usulan peningkatakan jalan di tahun anggaran 2020. “Masuk dalam usulan peningkatan jalan tahun 2020, dimana di Desa Jimbaran, Puspo di Dusun Jambu dan Tanjek Wetan,” terangnya.

Selain itu, untuk jalan di Desa Jimbaran–Keduwung, Kecamatan Puspo dipastikan masuk dalam perbaikan jalan berkala juga di tahun depan. Untuk kebutuhan anggaran nantinya akan dihitung dalam Rancangan APBD 2020 mendatang. (eka/mie)