Disbudpar Libatkan Sekolah dalam Pemilihan Kang & Yuk Kota Probolinggo 2019

KADEMANGAN, Radar Bromo – Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Probolinggo kembali menggelar Pemilihan Kang dan Yuk 2019. Sejumlah persiapan telah dilakukan. Rencananya, final pemilihan Kang dan Yuk akan dilakukan pada 30 November 2019.

“Untuk Kang dan Yuk Kota Probolinggo tahun 2019 mengambil tema Inspiring Milenial for Culture and Tourism. Kami mengundang sekolah-sekolah untuk mengikutsertakan siswa-siswinya dalam Kang dan Yuk 2019,” ujar Kepala Bidang Promosi Wisata Disbudpar Kota Probolinggo Suciatiningsih dalam rapat persiapan Pemilihan Kang dan Yuk 2019, Rabu (23/10).

Suci -sapaan Suciatiningsih- menjelaskan, ada 4 tahapan proses pemilihan Kang dan Yuk. Mulai technical meeting, audisi, karantina, serta grand final. “Semua rangkaian kegiatan ini dilakukan pada Sabtu-Minggu karena ada ketelibatan pelajar juga,” ujarnya.

Untuk tahapan audisi, ada 4 unsur penilaian yang dinilai. Meliputi, beauty, brain, brave, dan behaviour. Peserta akan disaring menjadi 20 finalis untuk mengikuti proses karantina. “Dalam proses karantina ini akan dilakukan pembekalan mengasah bakat, kreativitas yang dimiliki, serta membentuk karakter,” jelas Suci.

Sementara itu, Koreografer sekaligus Pengamat Mode Agung Soedir Putra meminta sekolah mendukung keterlibatan anak didiknya dalam ajang pemilihan Kang dan Yuk. “Saya yakin adik-adik yang ikut dalam Kang dan Yuk memiliki nilai plus, seperti rasa takut dihapus,” ujarnya.

Agung juga menyarankan untuk melibatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah. Seperti, keterlibatan senior di Paguyuban Kang dan Yuk untuk memberikan pembekalan kepada peserta. “Misalnya, mengajarkan public speaking kepada adik-adik peserta,” ujarnya. (put/rud)