alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Api Mulai Padam di Hutan Lereng Argopuro

KRUCIL, Radar Bromo – Api yang membakar kawasan Perhutani KPH Probolinggo dan BKSDA di Pegunungan Argopuro mulai padam. Namun, petugas dan relawan pemadam kebakaran tetap waspada. Sebab, saat ini cuaca masih panas. Sehingga, dikhawatirkan kembali terjadi kebakaran.

Remon, salah seorang relawan pemadam kebakaran mengatakan, Rabu (23/10) api sudah tidak menyala. “Api sudah padam. Sudah tidak ada lagi titik api yang ditemukan. Baik di kawasan Perhutani dan BKSDA,” katanya.

Ia berharap, kebakaran tidak lagi terjadi dan hujan segera turun. Sehingga, vegetasi yang terbakar di kawasan itu kembali bersemi.

“Kemungkinan akan padam total, tidak ada lagi bara api. Saat ini (23/10, Red) angin tidak begitu kencang. Ditambah lagi nanti malam lembap. Kemungkinan akan padam total,” jelasnya.

Hal senada diutarakan Wakil Perhutani KPH Probolinggo Krido. Menurutnya, kebakaran di RPH Krucil dan RPH Pakuniran sudah padam total, sekitar pukul 10.00.

“Sudah padam semua. Tidak ada lagi titik api. Tetapi kami tetap waspada,” ungkapnya.

Namun, pihaknya belum mengetahui luas lahan yang terbakar. Menurutnya, kebakaran kebanyakan terjadi di tebing. Sehingga, sulit untuk memperkirakan luas lahan.

“Masih belum ada data. Kami masih belum mengukur berapa luasannya. Karena medan yang sulit jadi tidak bisa menakar,” katanya.

Sementara itu, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Infanteri Imam Wibowo mengklaim, Karhutla di wilayahnya sudah padam. Kebakaran di Argopuro padam Senin (21/10). “Sudah padam semua. Untuk saat ini aman,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini Kabupaten probolinggo sudah bersih dari titik api. Itu, dilihat berdasarkan pantauan titik panas Geohotspot BMKG dari satelit. Di Probolinggo per tanggal 23 Oktober, tidak ada titik panas yang ditemukan. “Sudah tidak ada titik,” terangnya. (sid/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.

Ajukan Lagi Lintasan Atletik Rp 4 M untuk Stadion Pogar

Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pasuruan berencana mengusulkan kembali tambahan fasilitas di di Stadion R Soedrasono, tahun depan.

PJU di Kraksaan Sering Mati Akibat Diterpa Hujan-Angin

Setelah beberapa kali diperbaiki, Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Kraksaan kembali mati.