alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Usulkan Bangun Gudang Garam ke Pemprov, Lokasinya di Gerongan

BANGIL, Radar Bromo – Kebutuhan petambak garam untuk menyimpan hasil panen garam membuat Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengusulkan pembangunan gudang garam ke Provinsi Jawa Timur. Bahkan lokasinya sudah disiapkan di Desa Gerongan, Kecamatan Kraton.

Hal tersebut diungkapkan Slamet Nurhandoyo, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan. Dia mengatakan, kebutuhan gudang garam ini memang cukup mendesak. Terutama saat ini jika harga garam yang rendah saat panen.

“Gudang garam ini fungsinya sebagai tempat penyimpanan sementara. Sehingga saat panen raya saat harga kurang bagus. Garam sementara bisa disimpan sampai bisa dijual lagi saat harga mulai baik,” terangnya.

Sebelumnya, petambak garam tradisional di Kabupaten Pasuruan biasanya langsung menjual hasil panen garamnya. Padahal jika ada tempat penyimpanan gudang garam, hasilnya masih bisa disimpan sampai harga lebih baik.

“Jadi, gudang garam ini fungsinya sebagai tempat penyimpanan sementara. Bukan untuk ditimbun ya. Karena itu nanti kalau sudah terbangun, tetap ada pantauan dari DInas Perikanan agar tidak sampai jadi tempat penimbunan,” terangnya.

Slamet mengatakan usulan ini sudah dilakukan ke Provinsi Jawa Timur. Dikatakan sudah ada informasi positif. Terkait kejelasannya tetap menunggu sampai kepastian anggaran tahun 2020 mendatang.

Kebutuhan gudang garam sendiri sampai bisa menampung 1.000 ton garam. Untuk lokasi sendiri sudah disiapkan di Desa Gerongan, Kraton. “Untuk lokasi ini sudah paling strategis karena dekat dengan jalan, sentra garam dan lokasinya juga ditengah Kabupaten Pasuruan,” terangnya.

Selain usulan, pembangunan gudang garam juga sudah diketahui desa. Bahkan desa juga sudah mau memberikan lahannya untuk pembangunan gudang garam di desanya. (eka/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU