Tambah Jaringan Baru di Wirogunan untuk Cukupi Kebutuhan Air Bersih

PASURUAN – Ketersediaan air minum menjadi salah satu kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi. Oleh karenanya, Pemkot Pasuruan terus memaksimalkan pelayanan distribusi air bersih. Salah satunya, dengan menambah jaringan pipa distribusi.

Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Budi Santoso menjelaskan, pembangunan jaringan air minum itu akan dilakukan tahun ini. Hal itu, menyusul adanya permintaan kebutuhan PDAM Kota Pasuruan terkait jaringan air minum.

“Realisasinya tahun ini. Sudah kami usulkan melalui dana alokasi khusus. Lokasinya berada di kawasan Wirogunan,” kata Budi.

Ia membeberkan, dana yang dipersiapkan untuk membangun jaringan baru itu senilai Rp 1.364.580.000. Pembangunan akan dilakukan oleh Dinas Perkim. Selanjutnya, pengelolaan jaringan setelah rampung akan diserahkan kepada PDAM.

“Titik utamanya di Wirogunan. Nanti akan mencakupi distribusi untuk beberapa kawasan di sekitarnya. Seperti di Tembokrejo, Purutrejo, dan Kebonagung,” kata Budi.

Sejauh ini, Budi mengaku masih menyusun dokumen perencanaan untuk pekerjaan tersebut. Ia berharap, perencanaan akan rampung awal bulan mendatang. Sehingga pekerjaan dapat dilakukan setelah proses lelang.

“Dalam menyusun perencanaan kami juga terus berkoordinasi dengan PDAM. Sehingga kebutuhan di lapangan bisa sesuai,” jelasnya.

Terpisah, Kasubag Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Pasuruan, Khoirul Anwar menerangkan, penambahan jaringan itu diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan distribusi air minum ke pelanggan.

“Memang ada jaringan baru untuk menambah cakupan pelayanan. Setiap tahun ada penambahan agar pelayanan bisa lebih maksimal,” terangnya. (tom/fun)