Baru 40 Persen Penerima Bantuan Bertransaksi, Sebut Pencairan BPNT Sudah Normal

MAYANGAN, Radar Bromo – Pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Penerima Manfaat (KPM) bulan November sudah kembali normal. Sampai Kamis (21/11) dari 122.549 KPM, sudah tercatat sekitar 40 persen yang telah mencairkan bantuan ini.

Bantuan yang sempat mengalami gangguan akibat peralihan Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN). Kini sudah dapat dicairkan setiap bulan di tanggal 10.

“Pencairan bantuan ini sudah normal kembali. Memang bulan lalu sempat ada gangguan dan saat ini sudah bisa berjalan seperti semula. Tanggal 10 kemarin saldo rekening KPM sudah terisi, tinggal menggunakan saja,” ujar Koordinator BPNT Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Mustahiqul Ilmi.

Kendati sudah terisi saldo, sekitar 40 persen KPM yang tercatat telah melakukan transaksi di e-warung. Menurutnya, ada beberapa penyebab belum dilakukannya transaksi pencairan BPNT ini, di antaranya ada sebagaian KPM belum melakukan pengecekan saldo rekening.

“Mungkin, mereka tidak tahu jika saldo di rekening sudah ada dan belum dilakukan pengecekan. Mereka beranggapan akan terjadi keterlambatan seperti bulan lalu,” ungkapnya.

Peralihan sistem yang dilakukan sebulan yang lalu memang sedikit menjadi kendala karena masih perlu beberapa proses verifikasi. Ribuan KPM yang ada beberapa masih bersaldo nol. Pihaknya mengklaim telah dilakukan perbaikan data yang ada di bank dan saat ini KPM sudah seluruhnya bersaldo.

“Silakan dicek dulu. Jika saldo sudah terisi, segera lakukan transaksi, karena pencairan BPNT bulan ini sudah normal kembali,” pungkasnya. (ar/fun)