Plengsengan di Depan Pasar Pandaan Banyak Ambrol, Pemkab Tak Bisa Benahi Karena Ini

PANDAAN – Keberadaan sungai di depan Pasar Pandaan, Kabupaten Pasuruan, mendapat perhatian banyak pihak. Selain salurannya mengering, saluran air ini banyak dipenuhi sampah. Bahkan, sejumlah titik plengsengan juga ambrol.

Karenanya, sejumlah warga berharap tumpukan sampah di sungai ini segera dibersihkan. Begitu juga dengan plengsengan yang ambrol untuk segera diperbaiki. Sebab, sebentar lagi memasuki musim hujan.

“Setahu kami ada lima titik plengsengan sungai depan pasar ini yang ambrol. Dari ukuran kecil hingga besar. Kerusakannya sudah lama dan saatnya diperbaiki,” ujar Kepala Pasar Pandaan Sugeng Tawanto.

Terkait kondisi itu, pihaknya berharap instansi terkait turun untuk memperbaikinya. Bila tak segera diperbaiki, pihaknya khawatir akan makin parah. Sehingga, ketika hujan dikhawatirkan air meluber ke jalan.

Ambrolnya beberapa titik plengsengan di sungai depan Pasar Pandaan, ini mendapat tanggapan dari Plt Kabid Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Chofidon. Menurutnya, sungai itu merupakan saluran pembuang di Pandaan. Namun, jika ada plengsengan yang ambrol bukan kewenangan instansinya.

Menurutnya, kewenangan untuk memperbaiki infrastruktur itu berada di UPT Gembong Pekalen Pemprov Jatim. “Untuk plengsengan yang ambrol itu nanti kami sampaikan ke instansi terkait. Mudah-mudahan segera diperbaiki sebelum musim hujan datang,” ujarnya. (zal/rud)